Inilah Tiga Varian Motor Trail KTM SX-F

 5242 views

Buat para pencinta olahraga off-road, pasti sudah familiar dengan KTM. asal Austria tersebut memang tersohor sebagai pembuat -motor trail kelas atas, tak cuma untuk pasar Indonesia, tetapi juga di seluruh .

Dari sekian motor trail buatan KTM, Seri SX merupakan varian yang paling banyak dicari. Model ini biasanya memiliki ciri khas diperuntukkan sirkuit motocross, suspensi yang lebih keras, belum dilengkapi dengan lampu depan, rasio gearbox yang pendek, tidak memiliki standar samping, single starter, serta memiliki bahan bakar yang tergolong kecil.

Selain model SX, pabrikan dengan warna kebesaran oranye tersebut juga merilis model SX-F dengan yang lebih mentereng. Berikut tiga motor SX-F yang telah diluncurkan KTM, setidaknya hingga detik ini.

KTM 250 SX-F

KTM 250 SX-F mungkin merupakan seri terbaik dan terpopuler dari pabrikan KTM. Buktinya, KTM 250 SX-F mampu meraih tiga gelar juara MX2 world championship secara beruntun, yang sulit disamai para kompetitor.

Motor ini mengusung sasis berbahan material molybdenum steel yang ringan, kuat, dan memberikan geometri keseimbangan yang sangat baik dan presisi. Selain itu, KTM 250 SX-F juga telah menggunakan starter elektrik, serta linkage pada suspensi belakang dengan bahan aluminium yang akan menambah traksi saat menghadapi kondisi lintasan yang ekstrem.

Untuk sektor jantung pacu, motor ini mengusung berkapasitas 249,9cc, satu silinder, 4-stroke, dan telah dilengkapi liquid cooled untuk menjaga kestabilan suhu . Di Indonesia, KTM 250 SX-F dibanderol dengan Rp130 jutaan.

ktm 250 sx-f – moto.zombdrive.com

 

KTM 350 SX-F

Sama seperti model 250 SX-F, KTM 350 SX-F juga merupakan salah satu motor tangguh di ajang kejuaraan motocross dunia. Tercatat, motor ini pernah meraih gelar di event MX1 World Championship pada tahun 2010, sekaligus menjadi gelar juara dunia lima kali beruntun.

Secara tampilan, desain KTM 350 SX-F bisa dibilang sebagai kombinasi dari model 250 SX-F dan 450 SX-F. Untuk semakin menampilkan kesan kokoh, motor trail ini juga telah dilengkapi dengan suspensi depan model Upside Down dan juga suspensi belakang model monoshock. Sementara dari sisi keamanan, telah terpasang rem model cakram, baik di roda depan maupun roda belakang.

Beralih ke jantung pacu, KTM membekali motor ini dengan mesin 4-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 349,7cc, serta sistem transmisi manual lima percepatan. Di Indonesia, satu unit KTM 350 SX-F dibanderol dengan harga mulai Rp137 jutaan.

ktm 350 sx-f – moto.zombdrive.com

 

KTM 450 SX-F

KTM 450 SX-F merupakan varian tertinggi dari seri SX-F, setidaknya hingga saat ini. Sebagai varian tertinggi, motor ini telah membuktikan diri di kejuaraan dunia selama bertahun-tahun. Berkat mesin SOHC yang ringkas untuk daya ledak yang kuat namun tetap terkendali, KTM 450 SX-F mampu memenangkan kejuaraan AMA Supercross edisi 2015.

Secara tampilan, motor ini mengusung desain grafis baru yang menonjolkan kesan sporty. Hasil desain kolaborasi KTM dan Kiska Design ini pun menampilkan model bodywork yang memberikan ergonomi sempurna dan titik kontak untuk pengendara, kebebasan bergerak yang maksimal, serta kenyamanan yang lebih baik, terutama di bagian belakang jok.

Untuk sektor jantung pacu, motor ini menggendong mesin tipe 4-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 449,9cc, liquid-cooled. Di Indonesia, satu unit KTM 450 SX-F dibanderol di kisaran harga Rp145 jutaan.

ktm 450 sx-f – www.motorcycle-usa.com

 

   
Penulis: