Mantap di Segmen Motor Listrik, Viar Siap Hadirkan Produk Terbaru di GIIAS 2018

 443 views

Berkat kesuksesannya lewat sepeda listrik Viar Q1 dan E-Cross, motor lokal asal Semarang ini dikabarkan bakal kembali menambah dari segmen motor elektrik. terbaru itu akan diperkenalkan dalam ajang bergengsi (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2018.

Viar Q1 – naikmotor.com

“Rencananya di GIIAS, kami coba tampilkan produk baru. Ke depannya kami lebih memposisikan diri sebagai penyedia kendaraan listrik,” ujar Frengky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo selaku pemegang Viar di Indonesia, seperti dilansir Oto. “Dan itu sudah dipersiapkan (pengembangannya) di pabrik kami,” sambung Frengky.

Lebih lanjut Frengky menjelaskan bahwa peluncuran motor bertenaga listrik ini adalah wujud komitmen Viar sebagai salah satu penyedia motor listrik sejak awal peluncuran Viar Q1. “Kembali lagi untuk memposisikan kita sebagai perusahaan penyedia kendaraan listrik,” ujarnya.

Sayangnya pihak Viar masih belum bersedia mengungkapkan tipe motor listrik apa yang bakal dirilis dalam waktu dekat. Namun Frengky memastikan jika produk anyarnya kelak akan berbeda dari yang sudah ada. Hingga kini Viar telah menelurkan 2 motor elektrik, yakni matic Viar Q1 dan motor trail Viar E-Cross.

Viar Q1 yang dipasarkan sejak tahun lalu mengusung bodi mungil yang dibekali baterai Lithium-ion 60v/20AH untuk menggerakkan generator elektrik dari Bosch. Motor ini disebut-sebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 800 watts. Viar Q1 diklaim dapat melaju hingga kecepatan tertinggi mencapai 60 km per jam dan jarak sejauh 60 km.

Untuk isi ulang daya, baterai pada Viar Q1 dapat diisi ulang hingga penuh dalam jangka waktu 5-7 jam. Meski tampilannya terlihat minimalis, rupanya Viar Q1 telah mengusung sejumlah fitur menarik layaknya lampu LED, panel instrumen , serta rem cakram di kedua roda. Kemudian motor ini juga didukung suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang tipe ganda. Q1 dijual dengan Rp 17,15 juta berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Berikutnya adalah Viar E-Cross. Motor satu ini baru berstatus prototipe, namun cukup mencuri perhatian khalayak. Pasalnya E-Cross menyasar segmen offroad dan memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan Q1. Misalnya saja baterai dengan kapasitas besar 60v/32AH yang mampu menghasilkan torsi puncak hingga 25 Nm atau setara motor offroad 250 cc. Tak heran jika motor ini mampu melaju hingga 75 Kpj dan sanggup menempuh jarak hingga 100 km. Viar E-Cross dijadwalkan mulai dipasarkan akhir tahun 2018 ini.

   
Penulis: