Dijadwalkan Rilis Bulan Ini, Kawasaki Ninja ZX-25R Bakal Hadir dalam 2 Varian

 47 views

Jakarta yang sudah lama dinanti-nantikan, ZX-25R akan segera meluncur dalam waktu dekat. bermesin 250 cc empat silinder ini bahkan kabarnya bakal dirilis bulan Juni 2020. Pihak disebut-sebut menghadirkan Ninja ZX-25R dalam 2 pilihan .

Kawasaki Ninja ZX-25R – terasbiker.com

“Kawasaki Ninja ZX-25R akan ditawarkan dalam Standard dan SE. Pada pilihan SE, akan terdapat fitur tambahan seperti kontrol traksi dan quick shifter. Sementara standard diluncurkan dengan yang sama, namun tidak ada kedua fitur seperti pada varian SE,” demikian seperti dilansir Greatbiker.

Untuk urusan spesifikasi, baik Kawasaki Ninja ZX-25R versi standard dan SE akan sama-sama menggunakan DOHC, 4-silinder, 249 cc. Di samping itu, Ninja 250cc ini juga sudah dibekali rangka tralis, sistem elektrik throttle by wire, dan riding mode. Di bagian kaki-kaki, Kawasaki Ninja ZX-25R dilengkapi pengereman radial mounted, suspensi depan upside down, dan suspensi belakang backlink horizontal.

Seperti diketahui, fitur quick shifter memang cukup melekat di kalangan pengendara moge sport. Dengan adanya fitur tersebut, proses perpindahan gigi dapat dilakukan tanpa harus menarik tuas kopling untuk sedikit menurunkan putaran mesin. Efeknya, proses pindah gigi pun menjadi lebih mulus dan mempercepat akselerasi mesin.

Nah, pihak Kawasaki sendiri menamai fitur quick shifter tersebut dengan sebutan KQS atau Kawasaki Quick Shifter. Menariknya, fitur KQS pada ZX-25R tersebut bukan hanya bekerja ketika menaikkan gigi, tetapi juga bisa digunakan ketika turun gigi atau dapat up and down. Fitur ini tentunya sangat memudahkan pengendara, karena ketika naik atau turun gigi tidak perlu lagi mengurangi gas dan tarik kopling.

Cukup dengan menginjak tuas persneling, maka ECU akan mengatur adanya jeda sesaat putaran mesin supaya gigi dapat naik atau turun secara mulus. Apabila ketika pindah gigi tuas kopling ditarik, fitur KQS justru tidak berfungsi. KQS dapat bekerja secara efektif saat putaran mesin sudah di atas 2.500 rpm.

Sebelumnya, pihak PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) berencana meluncurkan Kawasaki Ninja ZX-25R pada April 2020, namun diundur akibat pandemi Covid-19. KMI pun melakukan penjadwalan ulang perilisan Kawasaki Ninja ZX-25R pada bulan Juni ini. Kita tunggu saja ya kabar selanjutnya!

   
Penulis: