BMW Motorrad Bakal Perkenalkan Motor Adventure Bermesin 1.250 cc

 207 views

Munchen – Pabrikan asal Jerman, Motorrad tampaknya kembali tertarik untuk membangkitkan kesuksesan di segmen adventure. Usai meraih sukses lewat seri BMW F 750 GS dan F 850 GS, BMW Motorrad kabarnya berencana merilis adventure terbaru yang dinamakan BMW R1250GS.

BMW R1250 GS – motorcyclesspecification.blogspot.co.id

Tak tanggung-tanggung, motor BMW R1250GS ini digadang-gadang bakal mengusung boxer khas BMW Motorrad yang kapasitasnya baru, yakni 1.250 cc. “ boxer legendaris khas BMW Motorrad akan memiliki kapasitas baru, yaitu 1.250 CC. Hal itu dilakukan untuk memperkuat posisinya di segmen tersebut,” demikian seperti dilansir DriveMag.

Seperti diketahui, para kompetitor di segmen yang sama seperti KTM, Ducati, dan Triumph selama ini cukup agresif dalam menciptakan super adventure. Oleh sebab itu BMW Motorrad saat ini dikabarkan tengah melakukan pengembangan pada mesin boxer 1.250 cc. Hingga kini motor BMW R1200 GS masih dibekali mesin 1.200 cc yang diklaim dapat menghasilkan tenaga 125 hp dan torsi 125 Nm. Padahal para kompetitor sanggup menciptakan mesin yang mampu menyemburkan daya hingga 160 hp dengan torsi 140 Nm.

Rumor yang beredar di media menyatakan jika motor adventure premium BMW R1250 GS akan dilengkapi dengan VVT (Variable Valve Timing). canggih ini disebut-sebut mampu meningkatkan daya motor hingga 140 hp, bahkan mencapai 150 hp. Pihak BMW Motorrad sendiri sebenarnya telah menyematkan mesin berkapasitas 1.250 cc pada motor BMW R1250 RT di segmen grand touring (GT) dan masih dalam tahap uji coba. Akan tetapi karena digadang-gadang sebagai produk andalan, maka kemungkinan BMW R1250 GS akan dirilis terlebih dahulu.

Berdasarkan gambar rendering yang beredar di sejumlah media, BMW R1250 Global akan mengusung sasis aluminium, bukan sasis baja seperti pada umumnya. Dengan sasis aluminium tersebut diyakini akan membuat bobot motor semakin ringan. Di bagian depan motor akan memperoleh windshield yang lebih tinggi untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara di cuaca yang buruk. Ada pula lampu bertenaga LED untuk pencahayaan yang lebih baik.

   
Penulis: