Varian TVS Neo, Motor Bebek Berharga Miring

Pabrikan asal India, TVS, kini juga mengembangkan pasarnya ke Indonesia dengan merilis beberapa varian motor melalui PT TVS Motor Company Indonesia. Dan, salah satu motor yang sudah dilemparkan ke Tanah Air adalah model TVS Neo, sebuah motor bebek dengan mesin 110cc.

Setidaknya, ada dua model Neo yang pernah diluncurkan TVS, yaitu Neo X3i dan Neo XR. Berikut masing-masing TVS Neo tersebut.

TVS Neo X3i

Motor ini pertama kali meluncur pada tahun 2010 lalu. Secara tampilan, Neo X3i hadir dengan desain sporty dan lekuk tubuh tegas serta lampu utama berukuran besar. Namun, jika konsumen jeli, motor ini juga dijejali dengan beragam inovatif, seperti mesin Duralife yang telah dilengkapi dengan Digital Ignition Mapping.

Mesin ini disebut memiliki 4 kelebihan utama, yaitu Roller Cam Follower Technology, Low Friction Piston Ring, Teflon Guide Tensioner, dan Low Friction Advance Lub Circuit. Dengan bekal tersebut, ditambah kapasitas mesin mencapai 110cc, Neo X3i diklaim mampu menyemburkan daya maksimal 8,5 HP pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak menembus 8,5 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Sayangnya, meski dijual dengan cukup murah, mulai Rp9,9 jutaan, usia motor ini di pasaran Indonesia terbilang singkat. Dan, pada tahun 2012, posisi Neo X3i resmi digantikan sang adik, Neo XR.

tvs neo x3i – www.gilamotor.com

 

TVS Neo XR

Motor ini pertama kali diperkenalkan pada Februari 2012 dalam sebuah acara di Jakarta. ini dirilis dengan sasaran segmen kelas menengah yang menyukai motor bebek berkualitas dengan harga yang terbilang cukup miring.

Jika dibandingkan dengan motor bebek Jepang, kualitas TVS Neo XR ini tak kalah jauh. TVS Neo XR dirancang dengan desain yang elegan dan tampil modis. Konsumen dapat melihat hal ini pada bagian sayap motor yang berbentuk tiga dimensi. Begitu pula di bagian headlamp (lampu utama) yang telah diletakkan di bagian setang sebagaimana umumnya jenis motor bebek. speedometer yang disematkan juga unik jika dibandingkan dengan rata-rata motor bebek lainnya.

Sementara untuk sektor jantung pacu, TVS membekali motor ini dengan mesin tipe 4-stroke, silinder tunggal, SOHC, berpendingin udara, berkapasitas 109,7cc. Dengan bekal tersebut, Neo XR diklaim mampu meletupkan daya maksimal 8,5 HP pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak 8,5 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Saat ini, TVS Neo XR hadir dalam tiga pilihan , yaitu putih, biru, dan merah. Sat unit sepeda motor tersebut ditawarkan dengan harga mulai Rp11.000.000 untuk model SW tromol, Rp11.600.000 untuk model SW cakram, dan Rp12.500.000 untuk varian CW cakram.

tvs neo xr – hadiyanta.com

 

   
Penulis: