Motor Enduro Populer di Indonesia

 6312 views

Selain dual sport, supermoto, dan motocross, dunia off-road juga mengenal enduro. Meski secara sekilas tak ada perbedaan, namun enduro memiliki ciri khas yang membedakannya dari tiga tersebut.

Dari segi kelengkapan, motor enduro hanya dilengkapi dengan lampu utama, tanpa kelengkapan lainnya seperti lampu sein, lampu belakang, dan kaca spion. Transmisi motor enduro umumnya menggunakan 6-percepatan. Selain itu, yang digunakan adalah khusus enduro dengan kotak-kotak yang besar-besar dan jarang.

Ada beberapa motor enduro yang cukup populer di . Berikut di antaranya.

Honda CRF250R

Motor ini pertama kali diluncurkan pada pertengahan Agustus 2014 di Negeri Sakura, Jepang. Honda CRF250R mengusung sepasang sokbreker depan yang unik, karena memiliki fungsi yang berbeda. Pada fork kiri berfungsi sebagai kompresi, sedangkan sisi lainnya berfungsi sebagai peredam.

sokbreker tersebut memang dirancang untuk kebutuhan balap off-road di medan liar dengan permukaan bergelombang. Selain itu, dengan sokbreker demikian, motor trail ini juga handal digunakan untuk melibas jalan raya.

Honda CRF250R mengusung 1 silinder, DOHC, dan berpendingin cairan. Dengan berkapasitas 249,4cc, motor trail dengan transmisi 5 percepatan itu mampu menyemburkan tenaga hingga 22,6 hp pada putaran 8.500 rpm, serta torsi maksimal mencapai 22 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Honda CRF250R

 

Husqvarna Enduro TE 250

Husqvarna Enduro TE 250 hadir di Indonesia melalui ATPM Husqvarna Motor Indonesia yang bermarkas di Bali. Motor yang merupakan perpaduan antara power yang besar dengan bobot yang ringan ini sudah mengaplikasikan sistem injeksi elektronik , penghidup mesin elektrik, dan pengurangan bobot utama mesin sebesar 13%.

Untuk sektor dapur pacu, Husqvarna Enduro TE 250 dibekali mesin 2-stroke berkapasitas 250cc. Motor ini diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 52 hp. Selain itu, karakteristik mesin dapat disesuaikan pada standard map switch yang mengubah kurva CDI antara dua kurva pengapian sesuai dengan keinginan pengendara, kondisi, dan medan.

Husqvarna Enduro TE 250

 

KTM 250 EXC-F

Motor yang menjadi juara dunia di kejuraan dunia E1 untuk kelas enduro ini juga merupakan salah satu paling populer di pasar motor nasional. KTM 250 EXC-F mengusung bodi yang dirancang dengan detail sehingga menyelaraskan pengendara dan motor.

Selain itu, semua model 250 EXC-F dilengkapi dengan setang kemudi super kuat yang berbentuk meruncing dan terbuat dari bahan aluminium yang ringan. Sementara, hand guard pada setir memberikan perlindungan optimal pada pengendara.

KTM 250 EXC-F mengusung mesin berkapasitas 249,9cc, 1 silinder, 4-stroke, dan disokong sistem transmisi 6 percepatan. Di Indonesia, motor ini dibanderol di kisaran Rp137 jutaan.

KTM 250 EXC-F

 

Yamaha WR250R

Selain didesain untuk menggaruk tanah, Yamaha WR250R ternyata juga bisa diajak berkeliling di jalanan beraspal. Jika Anda pernah mencoba motor kompetisi Yamaha YZ250XC, maka WR250R tidak jauh berbeda dengan seri Yamaha YZ, terlebih rangka aluminium bilateralnya yang juga bisa disetel sesuai kenyamanan pengendara.

Sebagai motor petualang, yang tersemat di Yamaha WR250R terbilang cukup lengkap. Ini bisa dilihat pada dashboard yang terdapat onboard computer yang menampilkan speedometer, odometer, kecepatan rata-rata, dan jam.

Untuk sektor dapur pacu, Yamaha WR250R dibekali mesin berkapasitas 250cc, 1 silinder, DOHC, 4 klep titanium dengan pendingin udara cairan. Motor ini diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 30,4 hp pada putaran mesin 10.000 rpm, serta torsi maksimal mencapai 23,7 Nm pada putaran mesin 8.000 rpm. Di Indonesia, Yamaha WR250R dijual dengan kisaran harga fantastis, Rp93 jutaan.

Yamaha WR250R

 

   
Penulis: