Motor Gede Tunggangan Captain America

 5886 views

Captain America adalah salah satu tokoh superhero rekaan Marvel yang menjadi idola, tak hanya di kalangan anak-anak, melainkan juga remaja dan orang dewasa. Citra Captain America semakin naik seiring bergabungnya Chris Evans (aktor pemeran Captain America) dengan The Avengers, suatu kelompok yang terdiri dari beberapa superhero Marvel, di bawah komando S.H.I.E.L.D.

Superhero dengan kostum kebesaran berwarna biru dengan garis-garis merah-putih di beberapa bagian tersebut selain memiliki kemampuan beladiri, juga dipersenjatai dengan tameng berbentuk lingkaran. Di samping itu, Captain America ternyata juga memiliki gahar yang menjadi kendaraannya dalam menumpas kejahatan. Nah, apa saja yang menjadi tunggangan Captain America? Berikut beberapa di antaranya.

Yamaha XT500

Jauh sebelum Steve Roger (alter ego Captain America) menggunakan Harley Davidson, Captain America memiliki kuda besi berlabel Yamaha XT500. Motor ini adalah kendaraan pertama yang digunakan dalam syuting film Captain America pada tahun 1970-an.

Tampilan motor ini tampak seperti mainan, dengan corak berwarna merah, putih, dan biru. Meski terkesan norak, namun Yamaha XT500 merupakan pewaris kemampuan motorsport Yamaha di era sekarang.

XT500 merupakan motor pertama produksi Yamaha yang mengusung 4-tak enduro. Motor ini memiliki kelebihan dengan bentuknya yang solid, powerfull, serta berat rasio yang ideal. Tak heran jika motor ini menyandang predikat best seller di zamannya, terutama di pasar otomotif Serikat.

Untuk sektor dapur pacu, Yamaha XT500 mengusung mesin berkapasitas 499cc, 1 silinder, dengan rasio kompresi mesin 9,0:1. Motor dengan transmisi 5 percepatan ini mampu memuntahkan tenaga hingga 27 hp pada putaran mesin 5.900 rpm dan sanggup meraih maksimal hingga 132 km/jam.

Yamaha XT500

 

Harley Davidson Cross Bones

Ini adalah kuda besi yang menjadi tunggangan sang kapten dalam film Captain America: The First Avenger yang rilis Juli 2011 silam. Motor ini memiliki touring sejati yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk kepentingan syuting. Jika dilihat lebih detail, ubahan modifikasinya mengarah ke varian Harley Davidson WLA yang pernah digunakan tentara Amerika di Perang Dunia II.

Harley Davidson Cross Bones tampil dengan desain retro dari ujung depan Springer hingga post-war styling era Boober. Motor ini memiliki kursi tunggal, gloss hitam bulat untuk perlindungan udara, dan sebuah tangki bahan bakar berbentuk mirip tapal kuda.

Untuk sektor dapur pacu, ini mengusung mesin berkapasitas 1.584cc, V-2, 4-stroke. Harley Davidson Cross Bones mampu mencapai torsi maksimal 120 Nm pada putaran mesin 3.300 rpm. Di , motor dengan kapasitas bahan bakar 18,9 liter ini dibanderol dengan harga Rp360 jutaan.

Harley Davidson Cross Bones

 

Harley Davidson Street 750

Kerjasama antara pihak Marvel dengan Harley Davidson berlanjut di film kedua sang kapten, yaitu Captain America: The Winter Soldier yang diluncurkan tahun 2014 lalu. Kali ini, Captain America mengendarai Harley Davidson Street 750.

Tampilan motor ini masih mengusung tipikal motor-motor produksi Harley Davidson dengan tipe jok rendah, bodi motor panjang, setang panjang, lampu bulat, serta velg lebar yang kekar. Selain itu, sasis yang digunakan Harley Davidson Street 750 ini lebih ringan dibanding Harley Davidson Sportster.

Untuk sektor dapur pacu, Harley Davidson Street 750 mengusung mesin Revolution X serta arsitektur V-twin 60 derajat yang membuat motor ini mampu menghasilkan gorund cleareance yang lebih tinggi. Selain itu, motor ini didukung mesin berkapasitas 749cc berpendingin cairan, transmisi 6 percepatan, serta specially tuned suspension.

Harley Davidson Street 750

 

Harley Davidson Livewire

Di film The Avengers: Age of Ultron yang dirilis tahun 2015 lalu, Captain America sekali lagi menunggangi motor keluaran Harley Davidson. Namun bedanya, berlabel Livewire, ini adalah motor elektrik pertama yang diproduksi Harley Davidson.

Motor elektrik Harley Davidson ini mengusung desain khas motor cruiser yang futuristik dan sporty. Desainnya jelas akan sangat disenangi oleh penggemar HD yang berjiwa muda. Motor ini dibangun dengan sasis aluminium yang disandingkan dengan belt drive baru dan suspensi USD di bagian depan dan monoshock di bagian belakang.

Untuk sektor dapur pacu, motor ini dipersenjatai motor 3 fase, dan sanggup melontarkan tenaga hingga 55 kw atau setara 174 hp, dengan torsi maksimal mencapai 52 lbs.ft. Harley Davidson Livewire mampu menempuh jarak lebih dari 150 km. Kabarnya, motor ini dibanderol dengan harga sekitar USD 20 ribu.

   
Penulis: