Ariel Ace, Moge Inggris yang Pakai Mesin Buatan Honda

 4324 views

dengan ‘Ariel’ mungkin terdengar asing di telinga masyarakat awam. Namun, bagi Anda yang mengaku pecinta motor antik, Motor pabrikan asal ini pasti sudah bukan barang baru lagi. Produsen ,  motor, dan automobile yang berbasis di Bournbrook, Birmingham, Inggris ini yang sempat berjaya di awal dekade 1900-an. Pabrikan Ariel sempat dikabarkan bangkrut dan menutup operasinya. Hingga akhirnya di tahun 2015 lalu, Ariel kembali merilis salah satu masterpiece di segmen Motor yang diberi nama Ariel Ace.

Pertama kali melirik ini, hanya kesan sangar yang terlihat. Bodinya yang kekar berotot dengan kinerja mesin 4 silinder membuat Ariel Ace sukses menyedot perhatian pecinta di Amerika maupun Eropa. Desain Ariel Ace menggabungkan unsur tradisional dengan superbike yang futuristik. Uniknya lagi, Ariel Ace akan dipasarkan dalam 3 konsep mode yang berbeda.

superbike didesain dengan konsep single seat, tipe standar diberi 2 buah jok dengan split seater, sedangkan tipe yang ketiga akan menggunakan jok serupa motor touring. Ketiga varian tersebut memiliki adjustable seat dalam 3 level untuk mengatur ketinggian jok. Ariel Ace juga didesain dalam 2 kapasitas tangki, yakni 14 liter dan 21 liter.  Di sektor suspensi, Ariel melibatkan desain suspensi teleskopik hasil rancangan dari insinyur internal perusahaan.   

Untuk mengimbangi kapasitas mesinnya, Ariel Ace dibekali rem berteknologi anti-lock braking system (ABS) dengan piringan cakram berdiameter 320 mm dan diapit kaliper Nissin 6-piston. Sedangkan pada bagian belakangnya dipasang rem cakram berdiameter 276 mm dan kaliper 2-piston.

Menariknya,  Ariel Ace dipersenjatai mesin 4-silinder sejajar buatan pabrikan lain, yaitu Honda. Mesin VFR 1200 yang memiliki kapasitas 1.237 cc ini membuktikan bahwa Ariel dan Honda tengah bekerjasama dalam pembuatan motor ini.

Mesin moge ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 173 hp pada rotasi 10.000 rpm, dengan torsi puncak mencapai 131 Nm/ 8.750 rpm. Ariel Ace, dikatakan mampu menempuh kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik saja! Motor sport andalan Ariel ini bahkan mampu mencapai kecepatan maksimum hingga tembus ke angka 266 km per jam.

   
Penulis: