Prototipe Motor Listrik RMK E2 Nampang, Kecepatan Tembus 160 KPJ

Sepeda-motor.info – Satu lagi pabrikan yang bakal meluncurkan bertenaga . Perusahaan start up asal Helsinki, Finlandia, RMK, mulai mengumbar prototipe mereka, RMK E2, yang nantinya dikabarkan mampu diajak berkendara sejauh antara 200 km sampai 300 km, dengan kecepatan maksimal 160 km per jam, menyamai Zero Motorcycle.

Prototipe Streetfighter Listrik RMK E2 – NaikMotor.com

Dalam gambar prototipe yang beredar di dunia maya, dikutip Naikmotor.com, motor listrik RMK E2 masih dengan hubless rear-wheel drive system. RMK E2 hubless dilengkapi dengan motor listrik yang menghasilkan 50 kW atau setara 67 HP dan torsi 320 Nm, sehingga mampu mencapai kecepatan puncak 160 km/jam. Namun, jarak tempuh tergantung pilihan baterai, bisa 200 km atau 300 km.

Berbeda dengan sketsa, purwarupa RMK E2 tampak menampilkan secara gamblang kabel-kabel listrik untuk suplai listrik ke motor hubless-nya itu. Selain itu, tampaknya bergeser dari model cafe racer ke streetfighter, dengan digantinya setang clip-on dengan setang tinggi.

RMK E2 sendiri merupakan hasil kreasi dari Teemu Saukkio, head engineer RMK, dan menurutnya desain E2 merupakan campuran dari gaya naked dan gaya setang Harley Davidson. Ia menyatakan jika volume produksi sudah bisa dipenuhi, maka selanjutnya pada tahun 2020, RMK bisa membuat model lainnya.

Pabrikan sendiri saat ini tengah mengejar produksi sebanyak 50 unit dari 150 unit sepeda motor yang harus diselesaikan sepanjang 2019. Bahkan, saat ini sudah ada 10 pesanan awal yang dibukukan. Prototipe streetfighter listrik RMK E2 harus sudah menyelesaikan semua pengujian sebelum musim panas 2019. Motor listrik Finlandia itu disebutkan akan ditampilkan secara utuh di Helsinki MP19 Motorcycle Show pada Februari 2019, dengan diperkirakan berada di kisaran Rp413 jutaan.

   
Penulis: