Honda Bakal Bikin Skutik Adventure X-ADV Versi Murah?

 33 views

Jakarta – Pabrikan asal Jepang, memang diketahui rutin melakukan inovasi di segala lini produk roda duanya. Selain menghadirkan produk-produk modern, juga dikenal sering mengusung masa depan di -motor besutannya.

Honda X-ADV – otomotif.kompas.com

Salah satu penerapan teknologi terkini yang dilakukan Honda adalah pada skuter matic petualangnya, yakni Honda X-ADV. Motor skutik adventure bertubuh bongsor ini dilengkapi berbagai fitur canggih, salah satunya fitur yang memungkinkan para pengendara untuk memilih mode transmisi, baik manual atau otomatis. Di samping itu, transfer tenaga juga dikendalikan secara elektronik, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi jalanan yang tengah dilalui.

Seperti dilaporkan 100kpj, Rabu (3/7), belakangan ini Honda kabarnya sedang sibuk merancang varian lain dari X-ADV, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil dan tak menggunakan mesin dua silinder 745 cc. Mesin yang diusung nantinya kemungkinan tak akan berbeda jauh dari Honda PCX 150, yaitu mesin satu silinder dengan kapasitas 150 cc. Banyak orang menduga jika motor baru Honda itu nantinya akan mengedepankan layaknya skuter matik bongsor, tetapi dilengkapi performa atau kemampuan motor adventure.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya menuturkan bahwa segala kemungkinan terkait dibuatnya motor petualang bermesin kecil masih terbuka lebar. “Bisa saja kami membuat yang berkapasitas mesin kecil. Nantinya, dari yang sudah ada ini – yang berkapasitas mesin besar, akan kami lakukan studi lagi, soal minat dan permintaan ,” tutur Thomas.

Seperti diketahui, PT AHM sendiri merilis Honda X-ADV pada bulan April 2019 lalu di ajang Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta Pusat. Sosok X-ADV sendiri sebenarnya sudah 2 kali dipamerkan dalam IIMS 2018 dan IMOS 2018. Honda X-ADV didatangkan ke Indonesia dalam kondisi CBU atau diimpor dalam kondisi utuh dari Jepang. Harganya pun cukup fantastis, yakni dijual mencapai Rp 450 juta berstatus on the road (OTR) Jakarta.

“Konsumen bisa mulai pesan di IIMS ini, dan akan menerima unitnya bulan Juli,” kata Thomas beberapa waktu lalu. X-ADV mengusung mesin 750 cc 2 garis SOHC 8 katup berpendingin cairan dan transmisi (Dual Clutch Transmission) seperti yang ada pada NM4 Vultus. “X-ADV bisa dipesan di 11 Honda Big Wing di seluruh Indonesia,” tandasnya.

   
Penulis: