Visi dan Misi PT YIMM, Perusahaan Produsen Sepeda Motor Yamaha di indonesia

 11242 views

Motor Manufacturing (YIMM) merupakan sebuah perusahaan yang dipercaya untuk memproduksi motor di Indonesia. Pada awalnya, mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1969 dengan seluruh komponennya didatangkan dari , dan Indonesia hanya tinggal merakitnya saja.  Hingga akhirnya pada 6 Juli 1974 didirikan YIMM yang bertugas memproduksi sepeda motor beserta suku cadangnya.

Lokasi Pabrik YIMM awalnya berada di Pulo Gadung, Jakarta Timur dan kemudian dipindahkan ke Karawang, Jawa Barat untuk memperluas lokasi dan menunjang kegiatan operasional. Pada awal pendiriannya, YIMM hanya mempekerjakan sedikit tenaga kerja dengan jumlah produksi rata-rata 10 unit motor per hari. Namun kini, YIMM telah berkembang pesat dengan didukung oleh sekitar 2.000-an karyawan. Tak hanya memasarkan produknya di Indonesia, YIMM juga mengekspor produknya ke beberapa negara, diantaranya Malaysia, Thailand, China, dan bahkan Jepang.

Dalam rangka memperkuat perusahaan dan memperluas invasi, PT YIMM bergabung dengan beberapa perusahaan lainnya pada tahun 1990. Diantara perusahaan yang bekerjasama dengan YIMM tersebut diantaranya adalah PT. Yamaha Harapan, PT. Sakti Cipta Logam Sakti, PT. Adiasa IIC, dan PT. Harapan Motor Sakti (PT. Karya Bakti).

Selayaknya perusahaan-perusahaan besar multinasional lainnya, YIMM juga memiliki visi dan misi dalam pendiriannya. Berikut ini adalah rincian Visi dan Misi yang diusung oleh PT YIMM,

Visi PT YIMM

  1. Untuk menciptakan masyarakat Yamaha yang sejahtera dan loyal dan mencapai bisnis yang sehat dan berkelanjutan, dengan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan dan mudah diakses terhadap pelayanan dan produk yang berstandar kualitas dunia, dengan mempergunakan sumber daya manusia yang handal, serta menggunakan terdepan yang tepat guna dan system bisnis yang berfokus kepada pelanggan
  2. Untuk menjadi produsen sepeda motor terdepan di Indonesia

Misi PT. YIMM

  1. Menyediakan produk pilihan yang inovatif dan bermutu tinggi dengan yang terjangkau.
  2. Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, teknologi, dan proses produksi

Kiprah Yamaha mengantarkan YIMM pada puncaknya di tahun 2009, tepatnya pada bulan Agustus. Ketika itu, Yamaha untuk pertama kalinya berhasil mengalahkan angka penjualan kumulatif milik rival terkuatnya, Honda. Selama ini diketahui bahwa Honda selalu memimpin dalam hal angka penjualan sepeda motor di Indonesia.

   
Penulis: