Kelemahan Aki Kering pada Sepeda Motor

Aki atau accu merupakan salah satu penting yang harus ada pada kendaraaan bermotor, tak terkecuali . aki adalah sebagai sumber tenaga atau suplai untuk setiap yang memerlukan listrik, mulai sistem lighting, sistem starter, hingga sistem aksesori seperti alarm. Selain itu, aki juga berguna menjaga kestabilan tegangan dan juga penyimpan tenaga listrik yang dihasilkan putaran .

aki kering sepeda motor – indonesiautosblog.com

 

Secara umum, aki dapat dibagi menjadi lima macam, yaitu aki basah, aki kalsium, aki hybrid, aki gel, dan aki MF (maintenance free) atau sering jug disebut dengan aki kering. Khusus untuk aki kering, ini adalah aki yang juga tetap menggunakan larutan elektrolit untuk mengaktifkan sel dalam menyimpan arus. Hanya, aki ini memiliki segel khusus yang sangat kuat sehingga dapat menahan penguapan larutan elektrolit, yang membuat cairan tidak dapat menguap melewati segel.

Aki kering sendiri mulai diperkenalkan di otomotif Indonesia sekitar tahun 2005 lalu. Aki ini banyak dipilih beberapa karena anti-tumpah dibandingkan aki konvensional. Selain itu, aki ini juga memiliki masa penggunaan yang lebih lama serta cranking performance yang lebih tinggi. Aki kering juga memiliki grid yang tahan korosi sehingga menghasilkan performa yang tinggi dan self charged yang lebih rendah.

Meski begitu, aki kering juga tak luput dari kelemahan. Aki ini diklaim tidak setangguh aki basah jika mesin kendaraan bekerja maksimal dan suhu di ruangan mesin meningkat. Selain itu, meski tidak perlu terlalu sering dicek, aki ini juga memiliki yang lebih mahal jika dibandingkan dengan aki basah.

Namun, bagi Anda yang tetap berniat menggunakan aki kering pada sepeda motor, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga aki tetap awet.

  • Gunakan kendaraan Anda sesering mungkin agar sistem pengisian listrik tetap terjadi dan akan menghasilkan suplai listrik yang stabil. Jika motor memang tidak digunakan, minimal panaskan mesin paling tidak 2 menit per hari.
  • Tetap gunakan starter elektrik setiap hari, kecuali ketika memanaskan mesin.
  • Hindari lubang atau jalan rusak yang menyebabkan goncangan berlebihan pada sepeda motor karena dapat merusak sel-sel yang ada di dalam komponen aki.
  • Rutin cek kabel terminal aki dan usahakan agar selalu bersih dan tertutup rapat.
  • Pastikan komponen kiprok sepeda motor masih berfungsi dengan baik karena ini merupakan komponen vital dalam proses suplai listrik.
  • Jika daya listrik sudah melemah, segera isi ulang atau charging seperlunya. Untuk aki kering, dapat menggunakan alat khusus yang memiliki daya stabil sebesar 0,5 Ampere.
   
Penulis: