JLO 175 Twinport, Motor Antik 1950-an Asal Jerman Buruan Kolektor

 2072 views

Berbicara tentang klasik dan antik memang tidak ada habis-habisnya. yang unik, mesin yang tahan lama, hingga yang tidak umum membuat motor klasik menjadi buruan banyak kolektor barang antik maupun mereka yang memang benar-benar hobi roda dua.

JLO 175 Twinport – fjb.kaskus.co.id

 

Biasanya, penyebutan motor antik atau klasik disematkan pada motor yang meluncur sebelum tahun 1960-an. Di sendiri, ada beberapa merek yang pernah meluncur sebelum tahun 1960-an. Nama menjadi merek otomotif terkenal yang pernah wara-wiri di Jakarta pada tahun 1956. Saat itu, model asal yang terlihat berjalan di bawah langit Jakarta adalah Ducati 55 atau di negara asalnya disebut dengan Cucciolo (anak anjing mungil).

Merek terkenal lain yang meluncur pada tahun 1950-an adalah BSA atau Birmingham Small Arms Company. populer dari pabrikan asal Inggris di Indonesia adalah model C12 bermesin 125cc keluaran tahun 1956 dan Godenflash Twin 650cc tahun1957.

Selain itu, ada juga nama Norton yang juga berasal dari Birmingham, Inggris. Di tahun 1960-an, merek ini terkenal karena prestasi yang diraihnya di arena balap. Di Tanah Air, Norton pernah memiliki satu motor legendaris, yaitu ES berkapasitas 500cc yang dirilis tahun 1952. Saat itu, motor ini diimpor untuk meremajakan kendaraan para petugas lapangan.

Dari kawasan Eropa Timur, ada merek JAWA yang berasal dari Ceko. Merek ini cukup populer di kalangan pencinta motor klasik Indonesia. Meski demikian, kepopuleran JAWA belum bisa mengalahkan Ariel, merek motor asal Inggris yang merger dengan BSA pada tahun 1944. Ariel Huntmaster 650cc keluaran tahun 1956 menjadi salah satu yang memiliki banyak penggemar.

Selain merek-merek terkenal, ada juga beberapa merek medium yang pernah menghiasi jalanan Indonesia, salah satunya JLO. JLO merupakan produsen asal Jerman, negara yang juga menerbitkan merek DKW (Dampf Kraft Wagen). Di Indonesia, JLO tercatat pernah melemparkan beberapa , salah satunya model JLO 175 Twinport.

Melihat namanya, motor ini dibekali mesin berkapasitas 175cc. JLO 175 mengusung desain unik dengan lampu depan bulat agak besar, knalpot atau muffler model bambu, dan juga jok atau tempat duduk single seat yang lebih mirip jok sepeda kumbang. Jika dilihat sekilas, bentuk motor ini merupakan perpaduan antara motor cruiser dan juga motor sport naked.

Di Indonesia, model JLO 175 yang cukup populer adalah keluaran tahun 1952-1953. Saat ini, motor yang menjadi buruan para kolektor tersebut dibanderol mulai harga Rp9 jutaan untuk model standar (mati) hingga Rp30 jutaan untuk model yang “sehat” dan siap jalan.

   
Penulis: