Kekurangan Honda Vario 150

 5311 views

Vario 150 merupakan salah satu matik keluaran yang cukup laris di pasar Tanah Air. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya skutik ini berseliweran di jalan-jalan kota dan desa.

Untuk lebih memanjakan konsumennya dan melawan determinasi kompetitor, pada Januari 2015 silam Honda merilis varian terbaru Vario 150 yang telah mengusung teknologi Enhanced Smart Power (eSP). Teknologi ini diklaim mampu menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini, Vario 150 akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi saat dilajukan.

www.metrotvnews.com

 

Karena itu, tak heran jika Vario 150 eSP ini termasuk skuter matik irit di kelasnya. Satu liter bahan bakar mampu menempuh jarak 52,9 km dengan mengaktifkan Idling Stop System (ISS).

Untuk sektor dapur pacunya, Vario 150 dibekali berkapasitas 149,3cc, 4-stroke, SOHC, berpendingin cairan. Dengan bekal tersebut, skuter ini mampu meletupkan tenaga hingga 9,3 kW atau 12,46 hp pada putaran 8.500 rpm, serta torsi puncak menembus 12,8 Nm pada putaran 5.000 rpm. Semua tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi V-.

Meski begitu, Honda Vario 150 tak lepas dari kekurangan. Berikut beberapa kekurangan skuter matik ini yang sering dikeluhkan konsumen.

  • bagasi terbatas. Pihak AHM mengklaim, bagasi Vario 150 memang didesain dengan menggunakan helm standar Honda. Jadi, helm full face atau helm half face dengan banyak lekukan dari lain tak akan muat di bagasi ini.
  • Suspensi belakang yang tergolong keras jika dibandingkan dengan skutik keluaran Honda lainnya, semisal Vario 125 atau Spacy. Imbasnya, skuter ini tidak nyaman ketika dilajukan di atas jalanan bergelombang dengan kecepatan lumayan.
  • Meski terlihat rapi dan memiliki lekukan yang pas dengan tubuh pengendara, namun jok Vario 150 cenderung keras dan tipis. Terlebih jika dibandingkan kompetitor semacam Mio GT125 milik Yamaha.
  • Akselerasi di putaran bawah kurang stabil.
  • Finishing cat yang tipis. Ini berlaku juga untuk kebanyakan keluaran Honda lainnya.
  • Fitur Idling Stop System (ISS) sering tidak berfungsi.
   
Penulis: