Kelemahan Motor Sport Mini Kawasaki Z125

 8446 views

Pada akhir Februari 2016 lalu, PT Motor (KMI) akhirnya resmi merilis motor mini berlabel Z125. Motor yang pertama kali meluncur di ini merupakan motor mini pertama berkarakter  fighter yang dipunyai Kawasaki. Sebelumnya, Kawasaki sudah memiliki motor berukuran mini, namun dari supermoto, yaitu KSR110 yang mengusung mesin 110cc.

kawasaki z125 – news.okezone.com

 

Di awal kemunculannya, Kawasaki menghadirkan Z125 untuk menantang eksistensi MSX 125 buatan Honda. Meski mengusung bodi yang terinspirasi dari seri Z versi besar, namun Z125 memiliki ciri khas tersendiri yang tampak pada penggunaan lampu depan yang lebih tajam, lampu belakang berbentuk huruf Z, knalpot gambot yang diposisikan tidak jauh dari mesin, hingga tangki bahan bakar dengan spoiler.

Untuk sektor dapur pacunya, Kawasaki membekali Z125 dengan mesin 4-stroke, satu silinder, SOHC, 2 valve, berpendingin udara, berkapasitas 125cc, fuel . Dengan bekal tersebut, motor ini mampu meletupkan daya hingga 9,8 ps pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak menembus 9,2 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Kawasaki menghadirkan motor ini dalam dua model, yaitu Z125 dengan sistem transmisi otomatis empat percepatan serta Z125 Pro dengan sistem transmisi manual empat percepatan. Selain itu, motor ini juga dibekali sepasang velg dan rem cakram tunggal berukuran 200 mm di roda depan serta 184 mm di roda belakang. Tak lupa, tangki bahan bakar yang memiliki daya tampung hingga 7,4 liter.

Meski merupakan terobosan baru yang dihadirkan oleh pabrikan asal Jepang, namun motor yang hadir dalam pilihan candy lime green, metallic gray graphite, dan candy burn orange ini juga tak luput dari kelemahan. Berikut beberapa kelemahan yang ada pada sosok Kawasaki Z125.

  • Hentakan sisa tenaga yang masih terasa saat posisi gear diturunkan membuat pengendara harus membuka dan menahan gas ketika melahap tikungan agar motor tidak kehilangan power.
  • Meski merupakan keluarga motor premium seri Z, namun konsol speedometer dengan latar belakang oranye yang dibawa Z125 masih belum menganut model negative layaknya motor sport premium.
  • Dengan dimensi yang tergolong mini untuk ukuran motor sport, menjadikan Z125 sangat tidak cocok untuk perjalanan jarak jauh.
   
Penulis: