Keren, Yamaha Kenalkan TMAX Baru SX Sport Edition dengan Knalpot Akrapovic

 371 views

Tokyo – Pesona skutik maxi ternyata tidak hanya ‘mewabah’ di Indonesia saja, tetapi sudah sampai ke benua Eropa. Produsen asal Jepang, pun kabarnya bakal meluncurkan TMAX SX Edition untuk Eropa dalam waktu dekat. Maklum saja, TMAX ternyata mencatat penjualan tertinggi untuk segmen skuter matic di Eropa.

Yamaha TMAX SX Sport Edition – otomotifnet.gridoto.com

Sosok TMAX sendiri telah diperkenalkan ke pasaran sejak tahun 2001 silam. Hingga kini TMAX memiliki 3 varian, yakni TMAX, TMAX SX, dan TMAX DX. Berbeda dari seri DX, TMAX SX akan dilengkapi dengan knalpot Akrapovic spesial. Knalpot gahar tersebut membuat raungan motor TMAX SX menjadi lebih sangar. Kemudian knalpotnya juga dilindungi oleh selubung dari material karbon. “Dipersenjatai knalpot Akrapovic yang menjadi tersendiri soal eksklusifitas dan kualitas,” demikian bunyi pernyataan Yamaha Eropa seperti dilansir dari Oto.

Perbedaan lainnya terletak pada penyematan windshield hitam dengan lebar dan agak menekuk. Lalu di bagian belakang TMAX SX Sport Edition memakai sepatbor yang lebih pendek agar memperkental kesan motor balap. Motor sporty ini nantinya hadir dalam 3 pilihan warna, yaitu hitam, silver, dan biru.

Apabila dibandingkan dengan varian DX, tak banyak yang berubah pada teknologi yang diusung oleh SX. Rangka masih menggunakan jenis aluminium yang ringan tetapi kuat. Kemudian terdapat D-Mode untuk menawarkan pilihan berkendara di berbagai medan, kendali traksi (TCS), dan pengereman anti-lock braking system (ABS).

TMAX SX Sport Edition juga dibubuhi teknologi smart key keyless ignition untuk mengaktifkan mesin tanpa anak kunci. Lalu panel instrumen TFT-nya mengusung konsep warna-warni agar memudahkan pengendara membaca informasi di dalamnya. Tak ketinggalan, skuter bongsor ini dibekali Tmax Connect System untuk menginformasikan lokasi motor. Fitur itu pula yang memungkinkan pengendara mengaktifkan dan me-non-aktifkan motor untuk meminimalisir risiko pencurian.

Dari sektor dapur pacu pun masih sama seperti TMAX DX, yakni mengusung mesin berkubikasi 530 cc dengan konfigurasi 2 silinder yang diklaim dapat menghasilkan torsi puncak 53 Nm pada 5.250 rpm dan tenaga maksimal 45,95 PS pada 6.750 rpm.

   
Penulis: