Honda Siapkan Skutik Bongsor Forza 300, Mungkinkah Hadir di Indonesia?

 462 views

Jakarta – Sejak Yamaha meraih kesuksesan besar lewat maxi Yamaha NMAX, produsen lain tampaknya tak ingin tinggal diam. Terbukti, ingin memperketat persaingan dengan menyiapkan New Forza 250. Hal ini terungkap lewat media ternama Jepang, Young Machine. Sosok Forza teranyar sendiri telah dipamerkan dalam Roma Motodays 2018.

Honda Forza 300 – hirudov

Untuk pasar Eropa, Honda akan menghadirkan Honda Forza 300 yang diperkirakan menjadi cikal bakal Forza 250. bongsor tersebut diprediksi bakal meluncur di Jepang dengan mirip Forza 300, namun hanya berbeda dari segi kapasitas .

Pesaing Yamaha XMAX 250 ini dibekali berbagai baru dalam hal pengendalian berkendara dan pengurangan bobot. Salah satunya seperti kontrol traksi sebagai standar New Forza 300 yang bermanfaat untuk mengendalikan atau mencegah hilangnya traksi pada roda kendaraan. Kemudian ada pendukung lain seperti electronic windshield dan smart key.

Suspensi depan menggunakan teleskopik 33 mm yang lebih ramping dari sebelumnya 35 mm. Sedangkan bagian belakang menggunakan 2 shockbreaker dengan 7 setelan preload. Sementara itu, untuk pelek memakai ukuran lebih besar dari sebelumnya, yakni 15 inci di bagian depan dan 14 inci di bagian belakang.

Pengurangan bobot terasa lewat penggunaan rangka baja tubular yang mencapai 182 kg, dan juga ubahan pada bagian sasis. Honda Forza 300 mengusung mesin 279 cc, FI, SOHC, berpendingin cairan. matic ini diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 24,8 hp pada 7.000 rpm dan torsi puncak 20,1 Nm pada 5,750 rpm.

Untuk pasar Eropa, New Honda Forza 300 tersedia dalam beberapa pilihan warna, antara lain crescent blue metallic, pearl nighstar black, matt cynoss grey metallic, dan matt pearl cool white. Young Machine membeberkan jika skutik keren ini akan diperkenalkan secara dalam acara Osaka Motor Show 16 Maret 2018 mendatang.

Terkait kemungkinan hadirnya Forza 300 ke tampaknya masih tipis. Hal ini telah dikonfirmasi sendiri oleh pihak PT Astra Honda Motor. “Kami belum ada rencana tersebut,” kata Ahmad Muhibbudin, Deputy Head of Communication PT Astra Honda Motor, seperti dilansir Otosia.

Muhib menjelaskan jika pasar skutik dengan mesin sebesar itu memiliki pasar yang terlalu tersegmen. “Skutik ini merupakan segmen yang niche sehingga secara volume saat ini belum besar,” tandasnya.

   
Penulis: