Kanzen V-Star, Moge Negeri Ginseng Citarasa Harley

 5132 views

Mengendarai motor besar keluaran Harley Davidson? Siapa yang tidak menginginkannya, terutama bagi mereka yang gemar melakukan perjalanan jarak jauh atau touring? Harley memang telah menjadi jaminan mutu bagi motor besar yang ditujukan untuk perjalanan jarak jauh. Pasalnya, merek asal Paman Sam ini dikenal punya segudang keunggulan pada kuda besi buatannya, mulai yang besar dan macho, performa yang beringas, hingga penunjang.

Kanzen V-Star – olx.co.id

Sayangnya, untuk memiliki motor besar keluaran Harley tidaklah mudah. Karena punya banyak keunggulan dan teknologi terkini, harga yang dipatok untuk motor keluaran Harley tidak murah. perlu merogoh kocek minimal ratusan juta rupiah untuk bisa meminang satu unit Harley Davidson. Bahkan, ada beberapa yang ditawarkan dengan harga mencapai miliaran rupiah.

Jika Anda hanya memiliki bujet terbatas, tetapi masih ingin memiliki motor besar, Anda tidak perlu gundah. Pasalnya, banyak pabrikan yang merilis motor besar serupa Harley Davidson, namun dengan harga yang lebih bersahabat, salah satunya Kanzen. Merek lokal citarasa Korea ini punya moge rasa Harley dalam sosok V-Star.

Di , Kanzen V-Star diketahui dirilis pertama kali pada pertengahan 2000-an lalu oleh PT Semesta Citra Motorindo (SCM) selaku agen tunggal pemegang merek. Membawa bentuk lumayan unik, menyerupai motor gede, Kanzen V-Star ternyata masih masuk dalam segmen sport bike dengan kapasitas mesin seperempat liter.

Penampilan motor asal Negeri Ginseng ini memang banyak mengundang perhatian. Dengan gaya chopper klasik, banyak yang mengira bahwa Kanzen V-Star adalah salah satu kuda besi buatan Harley Davidson. Wajar saja karena bentuknya sekilas mirip dengan Harley Profiling. Bagian belakang mencerminkan era motor klasik 1950-an, demikian pula bagian depan dengan garpu teleskopik. Ini masih ditambah penyematan tangki bahan bakar yang berbentuk menggelembung.

Kala meluncurkan motor ini, pihak Kanzen mengatakan bahwa V-Star memang sengaja dihadirkan bagi mereka yang ingin motor berbentuk layaknya moge, namun dengan harga yang terjangkau. Meski bukan menjadi target pangsa besar, namun produk ini dihadirkan untuk melengkapi varian produk lainnya yang telah dirilis Kanzen.

Di bagian jantung pacu, Kanzen V-Star menggendong mesin tipe 4-stroke, SOHC, pendingin udara, berkapasitas 124,1cc, dengan diameter x langkah 56,5 x 49,5 mm. Meski mesin harus membawa dimensi yang relatif besar, namun tarikan motor ini cukup responsif, dengan perpindahan gear yang terbilang halus. Berikut teknis Kanzen V-Star.

Dimensi 2.240 x 790 x 1.150 mm
Jarak Sumbu Roda 1.505 mm
Jarak ke Tanah 130 mm
Berat 160 kg
Rangka Double cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan ayun, mono-shock
Depan 90/90-18
Ban Belakang 130/90-15
Rem Depan Cakram hidrolik ganda
Rem Belakang Drum brake
Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, pendingin udara
Kapasitas Mesin 124,1cc
Diameter x Langkah 56.5 x 49,5 mm
Karburator PD type
Transmisi Manual, 5-speed
Kapasitas Tangki 17,3 L

Ketika pertama kali diluncurkan, Kanzen menawarkan model V-Star dengan harga mulai Rp20 jutaan. Kini, produk bekas motor tersebut dijual di kisaran belasan juta rupiah.

   
Penulis: