Kymco Easy, Skuter Entry-Level Standar Asal Taiwan

 7438 views

Kymco merupakan asal China (tepatnya Taiwan) yang pernah menghiasi pasar roda dua Tanah Air pada medio 2000-an. Ketika itu, bersama pabrikan asal Negeri Tirai Bambu lainnya, Kymco menghadirkan produk-produk yang memiliki harga jual relatif lebih murah dibandingkan Jepang. Karena itu, tak heran jika buatan Kymco banyak ditemui di jalanan Indonesia.

Kymco Easy – archive.kaskus.co.id

 

Saat itu, Kymco identik dengan produk-produk Jetmatic. Sebelum istilah skuter matik merajalela, kata “Jetmatic” memang sempat menjadi tren di awal milenium ketiga. Pasalnya, dulu orang di Indonesia menyebut skuter matik yang rata-rata keluaran China dan Kymco dengan kata ini. Trend 125 menjadi generasi pertama skuter matik buatan Kymco yang cukup laku di pasaran.

Di samping Trend 125, Kymco juga punya jagoan lain di segmen motor , yaitu Kymco Easy. Kymco pertama kali membawa produk Easy ke Indonesia pada tahun 2003 silam. Kala itu, motor ini hadir hampir bersamaan dengan generasi pertama Mio buatan Yamaha. Karena itu, tak mengherankan jika Kymco Easy memiliki desain bodi yang agak mirip dengan model Mio, mulai bentuk headlamp, pijakan kaki, hingga model sein.

Kymco Easy memang dihadirkan untuk bermain di segmen skuter matik entry-level dengan standar. Motor ini menggendong 4-stroke, SOHC, single cylinder, berkapasitas 101,7cc, berpendingin udara. Dengan modal tersebut, Kymco Easy diklaim mampu meletupkan daya maksimal 7,6 PS pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak menembus 0,77 kg-m pada putaran 6.000 rpm.

Meski demikian, Kymco Easy telah dibekali dengan rem cakram kaliper dual piston di roda depan sebagai penghenti roda. Sementara, suspensi teleskopik dan lengan ayun monoshock terbenam di kaki-kaki untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada pengendara.

Sayangnya, berbeda dengan pasar Eropa yang cukup laris, penjualan motor produksi Kymco di Indonesia justru jeblok, termasuk skuter matik ini. Kymco masih belum bisa menahan gempuran produk asal Jepang yang memang lebih dulu dikenal luas masyarakat Indonesia. Bahkan, produk bekas skuter matik tersebut dijual mulai harga Rp1,3 jutaan. Berikut teknis Kymco Easy.

Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, silinder tunggal, pendingin udara
Kapasitas Mesin 101,7cc
Diameter x Langkah 50 x 51,8 mm
Daya Maksimum 7,6 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 0,77 kg-m @ 6.000 rpm
Pengapian CDI
Transmisi CVT Otomatis
Starter Kick & Electric
Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun, Monoshock
Ban Depan 90/90-12
Ban Belakang 90/90-12
Rem Depan Cakram Double Piston
Rem Belakang Tromol
   
Penulis: