Xiaomi Ternyata Punya Motor Listrik Murah Harga Rp6 Jutaan, Namanya Himo T1

 212 views

Jakarta – Kendaraan bertenaga listrik mulai dilirik para penggemar karena dinilai lebih ramah lingkungan dan juga efisien. Oleh sebab itu, kini mulai banyak produsen yang mengembangkan - dengan yang menarik. Sayangnya, karena teknologinya memang masih tergolong baru, motor-motor listrik di pasaran relatif mahal.

Xiaomi Himo T1 – ebikesinfo.com

Alhasil banyak masyarakat di yang merasa enggan menggunakan motor listrik. Terlebih karena kondisi geografis yang kurang mendukung, mulai dari seringnya terjadi bencana banjir di sejumlah daerah hingga karena masih minimnya infrastruktur pendukung untuk stasiun pengisian daya kendaraan listrik.

Tapi bagaimana jika saat ini ada produsen yang menawarkan motor listrik dengan harga ? “Sebuah motor listrik besutan Xiaomi siap menggebrak kendaraan listrik. Mereka mengenalkan sebuah motor yang diberi nama Himo T1,” demikian seperti dilansir Motosaigon.vn melalui Suara.

Dari segi tampilan, Himo T1 dirancang mirip listrik, namun bodinya sengaja dibuat seminimalis mungkin, sehingga lebih ringkas dan ringan saat dikendarai. Bodi hanya menyelimuti sedikit di bagian dan di bawah jok. Motor listrik unik ini hanya bisa dikendarai oleh 1 orang saja lantaran di bagian belakang difungsikan untuk membawa barang.

Meskipun desainnya minimalis, ternyata seluruh sistem pencahayaan pada Himo T1 sudah memakai lampu light emitting diode atau LED yang hemat energi tetap dapat menghasilkan pencahayaan maksimal. Kemudian untuk sistem pengereman pada Himo T1 menggunakan rem cakram di bagian depan, sedangkan rem belakangnya menggunakan tromol.

Walaupun sepintas tampilannya hampir mirip dengan sepeda kayu, Himo T1 sudah dibekali suspensi depan teleskopik, dan di belakang menggunakan peredam kejut atau shock breaker ganda yang menawarkan kenyamanan saat berkendara.

Motor Himo T1 memakai kombinasi dinamo dan baterai, sehingga memungkinkan pengendara menempuh jarak hingga 120 km dalam satu kali pengisian daya baterai. Namun sayang, kecepatan tertinggi terbatas pada 25 km per jam.

Saat ini Himo T1 telah dijual di sejumlah negara. Di Thailand misalnya, dipasarkan dengan harga 13.400 Baht atau jika dirupiahkan sekitar Rp6 jutaan. Jika benar meluncur di Jakarta, maka motor ini tak perlu membayar bea balik nama (BBN), sebab Pemprov DKI Jakarta telah membebaskan BBN untuk kendaraan listrik.

   
Penulis: