Lebih Cepat dan Lebih Irit, Honda CBR Bertransmisi DCT masih dalam Pengembangan

 1613 views

Osaka, Menunggangi sportbike series di masa depan akan semudah mengendarai matik. Pasalnya, kebanggaan tersebut akan dibekali transmisi bermodel dual clutch (DCT). Dua yang dipilih untuk pengembangan transmisi ini adalah CBR 600RR dan CBR 1000RR Fireblade.

cbr600rr – dreamaticl.com

 

Sebagaimana dilansir Visordown (25/3), rencana penggunaan transmisi DCT pada Honda CBR Series diakui oleh anggota R&D Honda Motor Corp, Kosaku Takahashi.

Dalam gelaran Osaka Motor Show 2016 di Jepang, Takahashi juga menjelaskan bahwa realisasi penanaman transmisi tersebut belum akan dilakukan pada tahun ini. Alasannya, Honda masih mempelajari kendala yang mungkin muncul jika transmisi DCT dibenamkan pada motor berkapasitas di bawah 600 cc.

Selain berukuran cukup besar, DCT menambah bobot hingga 10 kg, hal inilah yang menjadi hambatan utama DCT dipasangkan pada motor sport ber-cc kecil. Konsekuensinya, motor dengan transmisi DCT akan memiliki dimensi lebih lebar dan lebih berat ketimbang motor bertransmisi manual biasa.

Namun, jangan ragukan dari segi kecepatan. Motor bertransmisi DCT dijamin mampu berakselerasi lebih cepat serta minim powerloss karena lebih efisien selama proses perpindahan gigi. Transmisi DCT juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Sebelum CBR Series, Honda telah memanfaatkan transmisi DCT untuk beberapa seri motor ciptaannya, diantaranya Honda VFR1200F, Honda NM4 Vultus, Honda NC750X, Honda Integra, dan Honda Africa Twin.

   
Penulis: