Light Rider, Motor Listrik hasil Cetakan Printer 3D Pertama di Dunia

 775 views

Sepeda-.info – Siapa sangka, pencetak tiga dimensi (printer 3D) dapat melahirkan sebuah . Hal ini dibuktikan oleh APWorks, anak perusahaan Airbus, ketika memperkenalkan “Light Rider” pada Jumat lalu (20/5).

sepeda motor listrik – teknologi.news.viva.co.id

 

Light Rider adalah sebuah sepeda motor listrik yang sebagian besar komponennya dibuat dari partikel campuran aluminium dengan bantuan cetak 3 dimensi.

Seperti namanya, Light Rider memang benar-benar ringan secara bobot bodi. Rangka motor listrik ini hanya memiliki berat sekitar 5,9 kilogram. Bobot keseluruhan motor baru mencapai 35 kilogram setelah ditambah sepasang ban, suspensi dan motor listrik berdaya 6 kW.

Diakui Joachim Zettler, Chief Executive Officer (CEO) APWorks, bukan pekerjaan mudah untuk menciptakan Light Rider. Sebagaimana dikutip Techspot (22/5), hal paling sulit adalah bagaimana mencetak struktur berongga kompleks dan bercabang menggunakan printer 3D, hal yang mustahil dilakukan dengan teknologi produksi konvensional saat ini.

Light Rider yang ditujukan untuk pemotor di perkotaan ini dapat menjangkau jarak maksimal 64,3 kilometer dalam sekali pengisian baterai penuh. Motor berbodi ramping ini mampu melesat pada maksimal 80 km/jam.

Sayangnya, Light Rider tampaknya hanya akan menjadi barang langka yang sulit didapatkan. Pasalnya, APWorks hanya kana memproduksi 50 unit motor listrik ini sebagai permulaan. yang ditawarkan pun cukup fantastis, mencapai USD56,000 atau sekitar Rp 760 jutaan per unit.

   
Penulis: