Macam dan Harga Dudukan Plat Nomor Sepeda Motor

 8166 views

Ketika memiliki kendaraan bermotor, termasuk sepeda , salah satu komponen yang harus ada adalah plat nomor . Plat nomor sendiri merupakan salah satu identifikasi kendaraan bermotor. Plat nomor juga disebut dengan plat registrasi kendaraan atau plat izin di negara Amerika Serikat.

dudukan plat nomor – olx.co.id

 

Beberapa fungsi plat nomor pada sepeda motor di antaranya memudahkan kita untuk mengenali dan mengidentifikasi motor. Selain itu, plat nomor juga dapat membantu kita untuk mengingat-ingat kapan harus memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (). Plat nomor juga dapat menginformasikan mengenai asal sepeda motor (misal B dari Jakarta, D dari Bandung, L dari Surabaya, dan seterusnya).

Sama seperti mobil, plat nomor pada sepeda motor juga biasanya dipasang di dua tempat, yaitu di bagian depan dan di bagian belakang. Untuk memasang plat nomor ini, diperlukan dudukan plat nomor agar plat yang bersangkutan menempel dengan tepat dan tidak mudah jatuh.

Dudukan plat nomor sendiri terdiri dari berbagai macam jenis atau model. Macam-macam dudukan plat nomor yang populer di masyarakat adalah model Nomor JDM, model JDM Sparco, model cembung acrylic, model bintang, model Auto 2000, hingga model yang menggunakan lampu LED.

Sementara untuk harganya, dudukan plat nomor bervariasi, tergantung model dudukan plat nomor yang bersangkutan. Berikut kisaran dudukan plat nomor berdasarkan modelnya.

Model Dudukan Plat Nomor Harga (Rp)
Dudukan Model Kotak 20.000
Dudukan Model Bintang 30.000
Dudukan Model Auto 2000 55.000
Dudukan Model JDM Rally Art 55.000
Dudukan Model JDM Sparco 65.000
Dudukan Model JDM 100.000
Dudukan Model LED 130.000
Dudukan Model Cembung Acrylic 175.000
Dudukan Model Dinas 250.000

Untuk memasang dudukan plat nomor, tergantung dari jenis sepeda motor yang bersangkutan. Motor Xabre keluaran misalnya, biasanya plat nomor dari dealer diletakkan di atas headlamp agar tidak mengganggu pendinginan radiator. Namun sayangnya, plat nomor di atas headlamp ini sering dianggap kurang pas dan mengurangi tampilan motor.

Karena itu, banyak yang kemudian memindah dudukan plat nomor tersebut ke bagian bawah headlamp. Biasanya, dudukan plat motor yang digunakan adalah milik Yamaha V-ixion, namun harus disesuaikan agar dapat terpasang dengan pas. Selain itu, pemasangan dudukan plat ini juga diusahakan agar tidak sampai terbentur spakbor depan dan tidak mengganggu pancaran cahaya lampu utama.

   
Penulis: