Prosedur dan Ganti Rugi Klaim Asuransi Motor Hilang

 6428 views

Saat ini, sepeda merupakan salah kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat . Dengan memiliki sepeda , pekerjaan bisa terasa lebih ringan dan akses untuk menuju berbagai daerah pun menjadi lebih mudah.

ganti rugi motor hilang – mobilinanews.com

 

Jika seseorang membeli dengan cara kredit, bisa dipastikan motor tersebut disertakan dalam asuransi. Asuransi ini berfungsi sebagai tindakan preventif untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan selama masa angsuran, misalnya kehilangan.

Lantas, bagaimana prosedur yang tepat jika seandainya kehilangan sepeda motor tersebut benar-benar terjadi? Dalam bentuk apakah kerugian yang akan diganti oleh pihak asuransi? Apakah unit sepeda motor baru atau berupa uang?

Biasanya, pihak dealer bekerjasama dengan beberapa pihak asuransi ketika menjual secara kredit motor-motor mereka. misalnya, telah berkolaborasi dengan beberapa perusahaan jasa asuransi seperti FIF, Adira Finance, WOM, dan OTO. Biasanya, asuransi yang diberikan perusahaan pembiayaan berlaku untuk motor yang hilang dalam kondisi diparkir, pencurian, perampasan atau penodongan, dan kecelakaan yang menyebabkan kerusakan motor hingga 75 persen.

Untuk prosedur klaim asuransi, berkas pertama yang harus dilengkapi adalah surat keterangan kehilangan yang dikeluarkan Polsek tempat sepeda motor tersebut raib, bukan domisili pemilik sepeda motor. Setelah surat kehilangan diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melapor ke pihak leasing. Laporan ini harus dilakukan 3 x 24 jam setelah kejadian berlangsung.

Ketika ke leasing, pemohon klaim asuransi harus membawa sejumlah berkas, yaitu surat keterangan kehilangan, SIM, , KTP, serta dua kunci kontak. Di leasing ini, pemohon akan diwawancarai oleh petugas perihal peristiwa kehilangan.

Setelah itu, pemohon kembali lagi ke Polsek untuk meminta surat pengantar pemblokiran STNK, yang biasanya keluar seminggu usai pelaporan. Surat ini kemudian diberikan ke leasing dan nantinya dikirimkan ke Polda tempat kejadian berlangsung dan Samsat tempat pemohon tinggal untuk diurus lebih lanjut.

Setelah STNK resmi diblokir, pihak leasing baru bisa memohon penggantian ke asuransi. Untuk penggantian, biasanya pemohon akan mendapat sejumlah uang, bukan unit motor yang baru. Di FIF misalnya, penggantian motor hilang berupa uang sesuai kontrak di awal angsuran. Jika motor hilang sebelum enam bulan, maka asuransi akan mengganti dengan uang sejumlah motor saat itu di pasaran.

   
Penulis: