Meluncur di Thailand, Apakah PT AHM Juga Bakal Boyong Honda Forza ke Indonesia?

 534 views

Jakarta matic Forza 300 meluncur di Thailand dalam ajang Bangkok Motor Show 2018. Dibandingkan versi sebelumnya, Forza 300 yang dirilis di Thailand rupanya mengusung desain yang lebih runcing.

Jika dilihat sekilas, tampilan skutik premium andalan Honda ini sebenarnya hampir mirip seperti Honda PCX dengan headlamp berteknologi full LED yang dilengkapi DRL. Yang membuatnya berbeda adalah bagian lampu sein Honda Forza 300 yang dirancang menyatu dengan spion yang dapat dilipat.

Honda Forza 300 – otomotifnet.gridoto.com

Tak cukup sampai di situ, Honda Forza 300 dilengkapi menarik lain berupa windshield elektrik yang dapat diatur tinggi rendahnya dengan tombol pengatur yang diletakkan di handle sebelah kiri. Kemudian motor keren ini dibekali teknologi canggih berupa keyless dan Honda Selectable Torque Control yang berfungsi untuk meminimalisir risiko roda slip atau sliding karena torsi berlebih.

Teknologi canggih juga disematkan pada bagian laci di bawah setang yang dilengkapi dengan power outlet untuk mengisi ulang baterai ponsel. Lalu motor ini memiliki bagasi ukuran besar yang mampu menampung 2 helm sekaligus di dalamnya.

Honda Forza 300 menggunakan dengan kode NSS300AJ bertipe SOHC 4 klep yang diklaim dapat menghasilkan tenaga mencapai 24,8 dk dan torsi 27,5 Nm. Di Thailand Honda Forza 300 dijual dengan 169.000 baht atau sekitar Rp 75 jutaan jika dirupiahkan. Motor ini sendiri sebenarnya telah diperkenalkan sebelumnya di negara Italia dan Jepang. Secara pun mirip dengan Forza 300 yang dipasarkan di Eropa.

Karena Honda Forza 300 telah meluncur di Thailand yang notabene sesama negara Asia Tenggara, banyak pihak yang berpendapat bahwa motor ini juga bakal diboyong ke . Benarkah demikian? Rupanya PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen tunggal pemegang merek Honda di memiliki pendapat yang berbeda.

“Sampai sejauh ini belum ada. Karena kita masih fokus pada PCX yang baru,” ungkap Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya, Rabu (28/3), seperti dilansir Kompas. Thomas menambahkan bahwa AHM masih ingin melihat kondisi pasar untuk segmen tersebut. Padahal jika menilik segmen skutik premium 250 cc, PT Indonesia Motor manufacturing (YIMM) cukup sukses lewat XMAX-nya. “Belum tahun ini (datangkan Honda Forza 300 ke Indonesia,” pungkasnya.

   
Penulis: