Mengenal Macam-Macam Aki untuk Sepeda Motor

 1578 views

Aki atau accu merupakan salah satu komponen penting yang harus ada pada kendaraaan bermotor, tak terkecuali . Fungsi aki adalah sebagai sumber tenaga atau suplai untuk setiap komponen yang memerlukan , mulai lighting, starter, hingga aksesori seperti alarm. Selain itu, aki juga berguna menjaga kestabilan tegangan dan juga penyimpan tenaga yang dihasilkan putaran .

aki kering – www.beritaotomotif.org

 

Secara umum, aki dapat dibagi menjadi lima macam, yaitu aki basah, aki kalsium, aki hybrid, aki MF (maintenance free), dan aki gel. Berikut rincian singkat mengenai macam-macam aki tersebut.

  • Aki basah, merupakan aki yang sangat umum di pasaran dan banyak ditemukan di bengkel-bengkel sepeda motor. Aki ini mengandung larutan elektrolit berupa asam sulfat (H2SO4) dan masih populer digunakan hingga saat ini. Ciri utama aki ini adalah memiliki lubang penutup yang berfungsi menambah air aki saat ia kekurangan akibat penguapan ketika terjadi reaksi kimia antara sel dan air aki.
  • Aki kalsium, sesuai namanya, terbuat dari kalsium dan mirip dengan aki basah, hanya dibedakan berdasarkan kutub positif dan negatif. Selain itu, aki kalsium memiliki kemampuan penyimpanan arus listrik yang lebih baik dibandingkan aki basah.
  • Aki hybrid, adalah aki yang menggabungkan dua tipe aki menjadi satu. Aki ini merupakan kombinasi aki basah dan aki kalsium. Meski dikatakan memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan aki basah, namun popularitas aki ini masih rendah.
  • Aki MF (maintenance free), lebih dikenal sebagai aki kering. Meski dinamakan aki kering, namun aki MF ini juga tetap menggunakan larutan elektrolit untuk mengaktifkan sel dalam menyimpan arus. Hanya, aki ini memiliki segel khusus yang sangat kuat sehingga dapat menahan penguapan larutan elektrolit, yang membuat cairan tidak dapat menguap melewati segel.
  • Aki gel, merupakan terobosan terbaru dalam penyimpanan arus pada kendaraan bermotor. Jika aki pada umumnya menggunakan cairan elektrolit sehingga mudah tumpah, maka aki ini menggunakan gel sebagai elektrolit. Beberapa produsen mengklaim, aki gel ini memiliki usia dua kali lipat lebih lama dibandingkan aki konvensional.
   
Penulis: