Motor Benelli 402S Usung Tampilan Mirip Ducati XDiavel

 1365 views

Beijing – Semua penggemar tentu setuju jika Ducati termasuk mahal yang pernah ada. Karena tergolong brand premium, -motor Ducati pun hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Demi memenuhi impian penggemar segmen menengah, pun membuat heboh publik dengan memperkenalkan baru besutannya, Benelli 402S yang disebut-sebut mirip dengan Ducati XDiavel.

Benelli 402S – www.zigwheels.com

Benelli 402S sempat dipamerkan dalam ajang bergengsi EICMA 2017 awal bulan November 2017 lalu. Benelli 402S sendiri adalah hasil kerjasama Benelli dengan pabrikan asal China, Leoncino. Leoncino selama ini dikenal sebagai perusahaan yang kerap merancang dengan kapasitas kecil. Tak heran jika Benelli 402S tampak lebih ringan dan kecil dibandingkan Ducati Diavel yang asli.

Meskipun Benelli adalah pabrikan motor asal Italia, saat ini saham terbesarnya dimiliki produsen asal China, Zhejiang Qianjiang Motorcycles. Dari segi tampilan, Benelli 402S memang tak sangat mirip dengan XDiavel, namun dari sektor mesin memang tak bisa berdusta. “Mesinnya akan menggunakan dua silinder pararel berkapasitas 399cc yang mampu mengeluarkan tenaga 39 Hp dan torsi 26 lbs.ft,” demikian seperti dilansir Tempo.

Benelli 402S dikabarkan bakal memakai komponen modern seperti suspensi depan upside down, suspensi monoshock yang dapat diatur tingkat kekerasannya, penggunaan 2 kaliper 4 piston, dan rem ABS. Mesin yang diusung Benelli 402S diklaim mampu menghasilkan tenaga 39,4 hp pada 9.000 rpm dengan torsi 35 Nm pada 7.000 rpm dipadukan dengan kopling basah 6 percepatan. Suplai bahan bakar menggunakan injeksi dengan 2 throttle body 37 mm.

Dengan menawarkan posisi berkendara dengan gaya cruiser, motor Benelli 402S dipercaya dapat memberikan kenyamanan saat berkendara. Bagian sasis mengandalkan pipa trellis dipadukan dengan pelat baja yang menopang tangki bahan bakar berkapasitas 16 liter. Motor ini memiliki tinggi jok hanya 740 mm supaya lebih mudah dikendarai.

Masih belum diketahui apakah motor Benelli 402S akan dipasarkan secara global atau tidak. Jika dijual secara global, tampaknya Benelli akan terancam dikenai hukum kekayaan intelektual. Namun menurut kabar yang beredar, Benelli 402S baru akan dipasarkan di China pada tahun 2018 ini.

   
Penulis: