Motor Kawasaki Ninja Warrior di Jalanan Indonesia

 3228 views

Di pasar Tanah Air, khususnya segmen , nama Ninja mungkin menjadi yang paling populer. Pasalnya, motor buatan itu, selain mengusung yang gahar, juga menampilkan yang catchy sehingga banyak disukai penggila motor.

ninja zx-10r

 

Sejak berdirinya, Kawasaki telah merilis banyak varian Ninja, mulai Ninja 150R, Ninja 250, hingga Ninja 650. Selain itu, varian Ninja yang juga menjadi idola publik Tanah Air adalah Ninja Warrior, mulai berkapasitas 100cc atau Ninja ZX-10R, hingga Ninja Warrior 300cc dan 250cc.

Ninja ZX-10R

Ninja ZX-10R memiliki aura khas motor yang sangat kental sehingga terlihat gahar, macho, dan super sporty. Desain bodinya memiliki sistem aerodinamis yang baik, mulai bagian depan hingga belakang. Selain itu, headlamp atau lampu utama terdiri dari dua buah lampu yang dipadukan dengan spion yang memiliki sein sehingga membuat motor sport ini terlihat agresif.

Untuk sektor dapur pacunya, moge ini dibekali mesin berkapasitas 998cc, 4 silinder sejajar, DOHC, 16 katup, serta memiliki kompresi pembakaran 13:1. Dengan mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 200 ps pada putaran mesin 13.000 rpm, serta torsi maksimal mencapai 112 Nm pada putaran mesin 11.500 rpm. Tenaga Ninja ZX-10R tersebut disalurkan melalui sistem transmisi manual 6 percepatan dan memiliki sistem pendingin berbasis liquid-cooled.

andalan lain pada motor yang dirilis Februari 2015 ini adalah mesin DFI (digital fuel injection), Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC), hingga KIBS (Kawasaki Intelegent Brake System) yang dapat melalukan pengereman dengan baik. Di Indonesia, Kawasaki Ninja ZX-10R dibanderol dengan fantastis, sekitar Rp348 jutaan.

Ninja Warrior 250

Motor ini merupakan jawaban tepat bagi para biker yang ingin bergaya macho dan sporty. Ninja Warrior 250 memang memiliki desain seperti motor balap, tetapi juga sangat cocok untuk dikendarai sehari-hari.

Keunggulan Ninja Warrior 250 adalah fairingnya yang dilengkapi dengan model sirip yang besar, yang membantu membuang aliran udara panas saat bergerak. Ketika terjebak lalu lintas macet, maka teknologi inovatif kipas radiator akan mengarahkan udara panas ke bawah dan aliran anginnya menjauh dari pengendara.

Untuk sektor dapur pacu, motor ini dibekali mesin berkapasitas 250cc, 2 silinder sejajar, liquid cooled, sistem transmisi 6 percepatan, serta telah menggunakan sistem suplai bahan bakar Fuel Injection System. Ninja Warrior 250 hadir dalam dua , ABS dengan banderol Rp64 jutaan dan Non-ABS yang dihargai Rp59 jutaan.

Ninja Warrior 300

Ini adalah transformasi radikal dari Ninja 250R. Sekitar 60 persen bagian mesin benar-benar baru, misalnya sistem injeksi bahan bakar digital, spin-on filter oli, katup yang lebih besar, hingga piston dan silinder aluminium yang jauh lebih ringan.

Sementara untuk bodi, desain Ninja Warrior 300 terinspirasi model ZX-10R, yang memberikan styling maksimal dan dinamis. Panel instrumen baru memiliki tachometer analog dan layar digital dengan berbagai indikator, termasuk indikator ECO untuk menjaga agar pengendara tetap irit bahan bakar.

Beralih ke sektor dapur pacu, motor yang diproduksi terbatas ini ditenagai mesin 4-Tak dengan 2 silinder segaris Pararel Twin berkapasitas 296cc, DOHC, serta memiliki kompresi pembakaran 10,6:1. Dengan mesin tersebut, motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 38 hp pada putaran mesin 11.000 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 27 Nm pada putaran mesin 10.000 rpm.

Fitur andalan lain Ninja Warrior 300 adalah mesin berteknologi DFI (digital fuel injection), F.C.C Clutch, hingga material Sleevess Alumunium Die Cast Cylinder yang memberikan durability atau ketahanan lebih baik. Untuk harganya, Ninja Warrior 300 dibanderol dengan harga Rp84 jutaan.

   
Penulis: