Ninja H2, Motor Sport Premium Nan Mewah dari Kawasaki

 3827 views

Sejak awal kedatangannya di , , sebuah seri buatan , memang berhasil mencuri perhatian publik Tanah Air. sporty serta mengusung dapur pacu hebat yang mampu menghasilkan kecepatan luar biasa adalah beberapa alasan yang membuat Ninja dikagumi.

Menutup tahun 2014 lalu, pabrikan asal tersebut merilis motor sport premium berlabel Ninja H2, yang dipamerkan pertama kali di ajang EICMA di Milan, Italia. Untuk pasar Tanah Air, motor ini mulai beredar sekitar Maret 2015.

Berbeda dengan motor sport kebanyakan, tampilan Ninja H2 bisa dibilang sangat keren dan mewah. Desain bodinya sangat aerodinamis dan futuristik dengan banyak lekukan tajam di beberapa bagian. Ninja H2 semakin istimewa dengan penggunaan cat khusus pengembangan pihak Kawasaki Heavy Industries, yang merupakan perpaduan larutan ion perak dengan zat pereduksi yang menghasilkan lapisan perak murni.

Yang paling menarik pada desain motor ini tentunya emblem yang disebut The River Mark. Emblem tersebut memang hanya digunakan pada motor-motor Kawasaki yang dianggap sangat spesial dan memiliki nilai tinggi. Fitur lainnya pada motor ini adalah rangka jenis teralis berbahan baja yang fleksibel serta suspensi berteknologi KYB dengan mengusung Upside Down untuk bagian depan, dan New Uni-Track di sisi belakang.

Kedua suspensi tersebut berguna sebagai sistem peredam getaran yang bisa disesuaikan kenyamanannya sesuai kebutuhan pengendara. Selain itu, suspensi ini juga telah dibekali teknologi canggih dari Ohlins asal Amerika Serikat, yaitu Ohlins Electronic Steering Damper, yang bertujuan untuk mengontrol atau mengendalikan motor agar bisa melaju dengan mudah.

Untuk sektor dapur pacu, Ninja H2 dibekali mesin jenis 4-stroke berkapasitas 998cc, dengan 4 silinder inline dan berpendingin cairan. Motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 210 hp pada putaran mesin 10.000 rpm, serta torsi maksimal mencapai 140 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui manual 6 percepatan. Sementara untuk saluran bahan bakar, Ninja H2 sudah menggunakan throttle body sebanyak 4 buah.

Dengan material dan berbagai sistem modern yang disandangnya, tak heran jika Kawasaki Ninja H2 tergolong tinggi. Di pasar Eropa dan Amerika, Ninja H2 dibanderol di kisaran Rp400 jutaan. Sementara di Tanah Air, karena ada pajak kendaraan mewah, Ninja H2 bisa menyentuh angka Rp580 jutaan. Wow!

   
Penulis: