Motor Listrik Roda Tiga ‘Aglis’ Asal Solo Segera Meluncur, Harga Rp 45 Juta

Solo – Kehadiran kendaraan bertenaga di tampaknya mulai disambut hangat oleh konsumen. Sejumlah produsen berlomba-lomba memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan, tak terkecuali pabrikan dalam negeri, PT Prosan Alam Hijau bersama Solo Teknopark yang kini sedang menggarap motor listrik roda tiga bernama Aglis. Motor elektrik beroda 3 ini memiliki tampilan mirip mobil.

Sepeda Motor Listrik Aglis – .tempo.co

“Kategorinya memang masuk ke sepeda listrik,” kata juru bicara PT Prosan Alam Hijau, Aldrian, Senin (3/12), seperti dilansir Tempo. Sayangnya kecepatan maksimal dari motor elektrik ini hanya mencapai 35 km per jam. “Tidak bisa kencang,” sambung Aldrian.

Aglis kabarnya akan dijual dengan Rp 45 juta ketika nanti sudah dipasarkan. “Saat ini kami baru memperkuat lini ,” ungkap Aldrian. Kabarnya keseluruhan Aglis masih didatangkan langsung dari China. “Produksinya baru berupa perakitan sesuai kontrak dengan pemasok,” jelas Aldrian.

Meskipun sebagian besar komponennya berasal dari China, pihak produsen juga sedang bersiap memproduksi sendiri beberapa komponen. Hingga kini beberapa unit motor listrik Aglis telah selesai diproduksi dan bahkan sudah diuji coba sampai ke lereng Gunung Lawu. “Tidak lama lagi akan di-launching dan dipasarkan,” papar Aldrian.

Sementara itu, Direktur Solo Technopark Sumadi menambahkan jika pihaknya mempersiapkan tempat produksi dan tenaga ahli untuk merakit Aglis. “Termasuk juga transfer teknologinya dari China. Kami akan menyiapkan untuk produksi sebagian komponen,” ucap Sumadi. Salah satu bagian dari Aglis yang paling mungkin untuk diproduksi sendiri adalah chassis.

Seperti halnya mobil, Aglis memiliki kabin yang tertutup rapat. Kemudian dilengkapi sejumlah panel termasuk speedometer di bagian dashboard depan serta sebuah wiper di kaca depan agar pandangan pengemudi tetap jelas ketika sedang turun hujan.

Sepeda ini dirancang memiliki 3 orang yang terdiri dari 1 pengemudi dan 2 penumpang di kursi belakang. Bagian stir Aglis tetap didesain layaknya stang sepeda motor. “Sepeda motor listrik ini menggunakan baterai lead acid,” ujar Aldrian.

Baterai berkapasitas 45 ampere dan tegangan 60 volt ini dapat menggerakkan motor listrik berdaya 1.000 watt serta butuh waktu sekitar 8 jam untuk pengisian daya hingga terisi penuh. “Mampu digunakan untuk melaju sejauh 60-80 kilometer,” pungkasnya.

   
Penulis: