Tantang NMAX & PCX, Aprilia Siapkan Skutik Bongsor SXR 160

Jakarta – Pasar skuter matic memang masih terbuka luas untuk terus dieksplorasi, terlebih setelah kehadiran skutik-skutik bongsor seperti NMAX, PCX, dan lain-lain. Untuk menyaingi kehadiran skutik-skutik tersebut, produsen sepeda motor asal Italia, Piaggio pun menyiapkan SXR 160 pada bulan November 2020 mendatang.

Aprilia SXR 160 – timesofindia.indiatimes.com

Walaupun dirancang langsung di negara asalnya sana, skutik teranyar bertubuh gambot itu kabarnya didesain khusus untuk pasar di India. “Resmi diperkenalkan Februari 2020 lalu, skutik terbaru ini mendapat respons positif. Selain dibenamkan terkini, Aprilia SXR 160 memiliki kenyamanan ekstra karena telah disesuaikan dengan kondisi jalan di India,” kata CEO Piaggio India, Diego Graffi, seperti dilansir Liputan6.

Aprilia SXR 160 sendiri merupakan pengembangan dari seri SR yang sebelumnya telah lama dipasarkan di sejumlah negara. Seperti seri SR yang lain, Aprilia SXR 160 sengaja didesain dengan tampilan . Bagian depan dibuat besar, lengkap dengan pijakan kaki yang nyaman untuk pengendara maupun yang dibonceng. Footboard dirancang panjang, lampu depan besar, dan joknya pun lebar.

Untuk urusan , skutik Aprilia SXR 160 mengunggulkan cluster instrumen yang dapat dihubungkan dengan smartphone atau ponsel pintar. Panel instrumen tersebut tersimpan rapi di depan setang dan terlindungi oleh penahan angin (windshield) berukuran sedang. Sementara itu, setangnya dibungkus oleh tutup bertahan plastik layaknya Yamaha NMAX.

Kemudian, di sektor pencahayaan Aprilia SXR 160 sudah dilengkapi dengan lampu depan berteknologi LED ganda yang hemat energi dan lampu belakangnya pun cukup besar. Sektor pengereman menggunakan rem cakram. Sedangkan untuk dapur pacu, Aprilia SXR 160 memakai dengan kubikasi 154 cc. Sayangnya, pihak Piaggio India masih belum bersedia membeberkan seperti apa spesifikasi lengkap dari Aprilia SXR 160.

Berdasarkan laporan Rushlane, Aprilia SXR 160 sudah pernah diperkenalkan Februari 2020 lalu. Ketika pertama kali dikenalkan, mesin 160 cc yang disematkan pada Aprilia SXR 160 diklaim dapat menghasilkan tenaga 11 daya kuda dan torsi 11,6 Nm. Kabarnya, Aprilia SXR 160 bakal dipasarkan dengan harga Rs. 1 lakh atau setara dengan Rp20,2 juta hingga Rs. 1,3 lakh atau Rp26,3 juta.

Baca juga:   Honda CBR500R Hadir dengan Warna & Grafis Baru, Harga Rp 144,25 Juta
   
Penulis: