Motor Terbaru Yamaha di Tahun 2016

 2145 views

Di tahun 2016 ini, pabrikan motor asal Jepang, , menghadirkan beberapa motor baru di pasar otomotif Tanah Air. Nah, apa saja motor baru yang dirilis pada tahun 2016 ini? Berikut beberapa di antaranya.

yamaha yzf r15s – www.team-bhp.com

 

Yamaha Fino 125 Blue Core

Mengawali 2016, tepatnya Januari lalu, PT Yamaha Motor Manufacturing (YIMM) memberikan penyegaran pada salah satu line up motor matik mereka, Fino. Pabrikan berlogo garputala tersebut menghadirkan versi facelift Fino dengan menanggalkan label Mio, bernama nama Fino 125 Blue Core.

Secara tampilan, matik ini masih mengusung garis desain khas Fino, dengan stylish dan beautiful. Salah satu highlight skutik ini adalah headlamp yang belum mengusung LED, namun memiliki desain diamond cut lens yang mewah layaknya kilauan berlian.

Perubahan besar juga terjadi pada jantung pacunya. Fino 125 Blue Core ditenagai berkubikasi 125cc, injeksi, 4-stroke, SOHC, silinder tunggal, berteknologi Blue Core. Dengan bekal tersebut, skutik ini mampu menyemburkan tenaga 9,52 hp pada putaran 8.000 rpm, serta torsi puncak menembus 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Fino 125 Blue Core hadir dalam dua varian, yaitu Fino 125 Blue Core Premium dan Fino 125 Blue Core Sporty. Sementara untuk harganya, dua varian ini sama-sama dibanderol Rp16,25 jutaan.

Yamaha Aerox 125LC

Hampir bersamaan dengan Fino 125 Blue Core, Yamaha juga merilis varian skutik lainnya yaitu Aerox 125LC. Meski merupakan motor skutik, namun Aerox 125LC memiliki desain bodi berkarakter yang tampak berisi di bagian depan dan meruncing di sisi belakang. Jika diperhatikan, desain kendaraan ini mendapatkan sentuhan beberapa Yamaha yang telah ada di Indonesia, seperti Xeon RC, V-Ixion, R15, MX-King, serta X-Ride.

Untuk sektor dapur pacunya, Aerox 125LC menggendong mesin 4-stroke, berkapasitas 125cc, liquid-cooled, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 8,4 kW pada putaran mesin 9.000 rpm. Sementara untuk harganya, satu unit Aerox 125LC dibanderol Rp18,2 jutaan.

Yamaha Xabre 150

Pada akhir Januari 2016, Yamaha resmi meluncurkan Xabre 150, unit naked sport terbaru di kelas 150cc. Tak tanggung-tanggung, pabrikan berlogo garputala tersebut menampilkan Valentino Rossi untuk membuka selubung motor baru ini dalam sebuah acara di Bali.

Secara tampilan, Xabre 150 tampak gagah dengan hadirnya shroud besar, tangki dengan lekukan kekar, suspensi depan upside down 37 mm, swingarm model banana, ban tapak lebar, serta buritan yang dibuat cepak. Meski begitu, motor ini masing menggunakan Deltabox yang identik dengan V-Ixion dan R15.

Beralih ke jantung pacu, Xabre 150 ditenagai mesin berkapasitas 150cc, SOHC, 4-stroke, liquid-cooled, satu silinder. Dengan bekal tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 16 hp pada putaran mesin 7.500 rpm, serta torsi puncak menyentuh 14,3 Nm pada putaran mesin 8.500 rpm.

Untuk pasar Indonesia, Xabre 150 hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu merah-hitam, perak-biru, dan cokelat-hitam. Satu unit Yamaha Xabre 150 dibanderol dengan harga Rp29,8 jutaan.

Yamaha Mio Z

Bersamaan dengan peluncuran Xabre 150, Yamaha juga resmi merilis Mio Z, sebuah unit skuter matik baru, yang digadang-gadang bakal menggantikan kiprah Mio GT dan Mio J yang dihentikan produksinya tahun ini. Meski secara tampilan tidak jauh berbeda dengan Mio M3, namun  Mio Z mengusung ban belakang yang lebih besar serta suspensi belakang berwarna.

Namun sayangnya, belum ada informasi detail dari pihak Yamaha mengenai spesifikasi serta harga Mio Z. Namun untuk sektor dapur pacu, skuter ini sepertinya menggendong mesin berkapasitas 125cc dengan teknologi Blue Core, sama seperti yang diusung Mio M3.

Yamaha YZF-R15S

Pada pertengahan Februari 2016, pihak Yamaha India memamerkan sebuah unit mereka dalam acara India Auto Expo 2016. Kuda besi yang tampak seperti modifikasi V-Ixion tersebut ternyata merupakan YZF-R15S, versi pembaruan dari model R15.

Secara tampilan, memang tidak ada perbedaan antara motor terbaru ini dengan R15 yang saat ini beredar. Fairing, lampu depan, roda, tangki, stang, hingga speedometer tampak persis. Yang berbeda hanyalah desain jok yang mengusung model sambung (single seat), meninggalkan model terpisah (split seat) pada versi lawas.

Untuk sektor dapur pacunya, R15S ditengarai masih mengusung mesin berkapasitas 149,8cc, SOHC, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 17 hp dan torsi puncak 15 Nm. Di India, motor ini hadir dengan pilihan warna merah, hijau, dan putih, serta dibanderol 1,15 lakh atau Rp22 jutaan.

   
Penulis: