Motor Terbaru Yamaha R15 Edisi Spesial Bakal Dilengkapi Teknologi VVA

Jakarta dikabarkan sedang menyiapkan sepeda terbarunya, R15 spesial. Sebelum merilis YZF-R15 v3.0, tampaknya akan memuaskan para penggemar dengan menghadirkan R15 Special Edition (SE) terlebih dahulu.

Yamaha R15 – www.iotomotif.com

 

Berdasarkan foto-foto yang beredar, Yamaha R15 edisi spesial mempunyai samping yang sama seperti yang kini telah dipasarkan. Tetapi keduanya memiliki perbedaan pada bagian headlamp dan R15 SE terlihat mirip seperti Yamaha R25. Namun secara keseluruhan tampilan R15 SE kemungkinan besar akan mirip dengan Yamaha R15 dari segi grafis body.

Untuk segi spesifikasi, R15 special edition masih mengusung yang sama, 149 cc satu silinder berpendingin cairan, serta fuel yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 17 PS di putaran 8.500 rpm dan torsi puncak 15 Nm pada 7.500 rpm.

Yamaha R15 generasi kabarnya akan dilengkapi mesin baru, 155 cc VVA (Variable Valve Actuation). Selain itu, Yamaha mengklaim bahwa versi baru R15 ini akan mengusung teknologi dan keselamatan yang lebih baik dari sang kakak.

“Generasi R15 selanjutnya akan lebih baik, tetapi tidak ada detail yang bisa kami bagi, seperti spesifikasinya nanti. Namun kami menjamin ia akan menjadi langkah maju dari generasi saat ini di berbagai aspek performa dan keamanan,” kata Yasuo Ishihara, Managing Director Yamaha Research & Development India.

Di India, R15 terbaru akan dirilis tahun 2017 mendatang dengan fitur ABS dan CBS sesuai dengan standar motor berkapasitas mesin di atas 125 cc di sana. Sedangkan di Indonesia, Yamaha kemungkinan memasarkan 2 varian, yakni versi standar non ABS dan versi ABS seperti halnya R25. Sedangkan untuk diprediksi tak terpaut jauh dari model saat ini.

   
Penulis: