Motor Trail Listrik KTM Freeride E-XC Mengaspal, Masuk ke Indonesia?

Sepeda-motor.info – Pabrikan asal Austria, , dikabarkan baru saja merilis motor enduro mereka, yaitu Freeride E-XC, yang tidak menggunakan bahan bakar minyak, melainkan menggunakan tenaga listrik. Menariknya, kendaraan tersebut siap diboyong ke pasar otomotif jika Tanah Air memang menginginkannya.

KTM Freeride E-XC – bakulkangkungjpr1.com

“Kami tunggu ada yang mau beli dan sangat bisa untuk memesan langsung di dealer kami,” ujar Alex Samosir, pemilik PT Moto Adventure Indonesia, yang juga merupakan dealer KTM di Jakarta. “Untuk pemesanan, konsumen perlu membayar uang muka 50 persen dari jual yang sekitar Rp300 jutaan. Bagi yang sudah memesan, waktu maksimal motor ini sampai ke Indonesia adalah tiga bulan.”

KTM sendiri pertama kali meluncurkan Freeride E-XC pada pertengahan pekan lalu. ini merupakan kedua dari motor serupa yang mengalami beberapa revisi, seperti generator, baterai, dan rangka. Tujuan pembaruan ini agar Freeride E-XC bisa menjadi motor listrik yang lebih buas dibandingkan generasi sebelumnya.

“Tenaga dan kelincahan KTM Freeride E-XC kini semakin baik,” tulis rilis resmi KTM global. “Motor ini memperoleh tenaga dari generator yang mampu memuntahkan power maksimal sampai 24,57 PS serta mencapai torsi puncak di angka 42 Nm, selain mengalami ulang pada rangka composite dengan stabilitas yang lebih baik.”

Untuk sumber energi, kendaraan ini dikabarkan menggunakan baterai lithium-ion baru dari Sony dengan ukuran 3,9 kWh. Baterai tersebut diklaim mampu menyuplai energi motor KTM Freeride E-XC dan bisa digunakan untuk berkendara penuh selama dua jam. Hebatnya lagi, motor generasi baru ini bisa menambah power baterai dengan sendirinya saat berkendara, melalui daya yang diperoleh dari hasil pengereman.

KTM pun membekali Freeride E-XC dengan lampu depan untuk meningkatkan visibilitas berkendara, serta lampu belakang, yang sekaligus mengindikasikan bahwa kendaraan ini juga bisa diajak di jalanan umum. Di bagian kaki-kaki, terpasang suspensi depan WP Xplor 43 mm upside-down, suspensi belakang WP PDS Xplor monoshock, dan rem cakram di kedua roda.

   
Penulis: