Mudik Lebaran Gratis Untuk Sepeda Motor, Ini Info Lengkapnya!

 1262 views

Jelang 2016, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan PT Kereta Api (PT KAI) kembali akan menggelar angkutan untuk . Angkutan gratis ini merupakan gelaran yang keempat kalinya yang dilaksanakan Kemenhub dan PT KAI.

kereta api angkut sepeda – harianjogja.bisnis.com

 

Untuk penyelenggaraan angkutan mudik gratis tahun ini, terjadi peningkatan kuota subsidi angkutan sebesar 59 persen dibanding tahun 2015 lalu. Jika pada tahun 2015 lalu kuota subsidi angkutan mudik motor gratis sebanyak 9.900 motor, maka pada tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 15.834 motor.

Penyelenggaraan mudik motor gratis dengan kereta api tahun ini menawarkan tiga stasiun tujuan yang melalui tiga lintasan.

  • Lintas Utara, kereta api akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, dan berakhir di Stasiun Surabaya Pasarturi.
  • Lintas Selatan 1, kereta api akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Kutoarjo.
  • Lintas Selatan 2, kereta api akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solojebres, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Kediri.

Seluruh keberangkatan mudik gratis akan dilakukan dari Stasiun Jakarta Gudang dengan stamformasi terdiri dari 1 Lok CC dan 7 kereta bagasi. Jadi, masing-masing lintas mampu mengangkut sekitar 406 buah sepeda motor.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan pelayanan angkutan motor gratis dengan kereta api jelang Lebaran nanti, bisa melakukan pendaftaran mulai tanggal 8 Maret 2016 di Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen, dengan membawa KTP, SIM, dan STNK asli yang masih berlaku beserta masing-masing 3 lembar fotokopiannya. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi alamat http://mudikgratis.dephub.go.id/frontend/web/.

Berikut rincian pendaftaran angkutan mudik gratis sepeda motor.

  • Tahap I dimulai pada tanggal 8 Maret hingga 6 Mei 2016 dengan mekanisme pendaftaran motor dengan fasilitas kemudahan membeli tiket kereta api sebanyak 3 orang penumpang (2 dewasa + 1 anak).
  • Tahap II dilaksanakan pada tanggal 7 Mei hingga 6 Juni 2016 dengan mekanisme pendaftaran motor saja.
  • Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota telah terpenuhi.

Adapun jadwal arus mudik gratis menggunakan motor yaitu tanggal 28 Juni hingga 3 Juli 2016 (H-8 s/d H-3), sedangkan jadwal untuk penumpang yaitu 29 Juni hingga 4 Juli 2016. Sementara untuk jadwal arus balik gratis menggunakan motor, yaitu tanggal 10 hingga 16 Juli 2016 (H+3 s/d H+9) dan  jadwal untuk penumpang, yaitu tanggal 11 hingga 17 Juli 2016.

   
Penulis: