Perbandingan 5 Motor Matic Paling Irit BBM di Indonesia

 19345 views

‘Irit BBM’ sudah menjadi prasyarat utama dalam menentukan kelayakan kendaraan yang akan kita beli. Faktor ini menjadi sangat penting seiring harga BBM yang bergerak naik turun, tentunya selain yang menggoda dan performa mesin yang bertenaga. Prinsip yang sama pun berlaku pada matik di tanah air.  

Pabrikan-pabrikan besar motor multinasional dalam beberapa tahun terakhir telah menciptakan teknologi penghemat BBM yang dibekalkan pada mesin motornya. Beberapa diantaranya yang berhasil menginvasi pasar motor matik di adalah Suzuki Nex, Vario 125 Fi, Beat Fi, Mio GT 125, serta Mio J.

Suzuki Nex (± 79.6 Km/ L)

Suzuki Nex menduduki peringkat pertama di kalangan paling irit BBM. Motor besutan Suzuki ini mampu menempuh jarak ±79,6 km untuk setiap liter bahan bakarnya. Tak rugi jika Suzuki menyematkan teknologi Fuel pada motor berkapasitas mesin 115 cc ini.

Honda Vario 125 Fi (± 58.1 Km/ L)

Meski tergeser oleh Suzuki Nex, Honda Vario bisa dikatakan lebih unggul jika dilihat dari kubikasi mesinnya. Bodi bongsor dengan silinder berkapasitas 125 CC nyatanya hanya menghabiskan 1 liter bensin untuk menempuh jarak ± 58,1 km. Tak hanya mengandalkan teknologi PGM Fi milik Honda, Vario 125 Fi juga dilengkapi teknologi Idling Stop System (ISS) yang akan membuat mesin motor mati secara otomatis jika tidak bergerak selama 3 detik.

GT 125 (± 57.14 Km/ L)

Sama seperti Vario, Mio GT juga menggendong mesin berkubikasi 125 cc. Beberapa review bahkan menyatakan Yamaha Mio GT 125 dapat memberikan performa mesin yang mengungguli Honda Vario 125. Motor ini menawarkan keiritan hingga ±57,14 km per liternya.

Honda Beat Fi  (± 57 Km/ L)

Datang dari pabrikan yang sama dengan Vario 125, Honda Beat Fi tampil di jajaran motor matik irit BBM dengan mengusung teknologi injeksi PGM-Fi menggantikan teknologi karburator di versi sebelumnya. Motor berkapasitas mesin 110 cc ini mampu menempuh jarak 57 Km untuk setiap 1 liter bensin. Kehadiran Honda Beat Fi sekaligus menepis rumor tentang motor matik yang dikabarkan selalu lebih boros bensin dibandingkan motor bebek.

Yamaha Mio J (± 50.9 Km/ L)

Jagoan kedua dari pabrikan berlogo garpu tala ini adalah Yamaha Mio J. Hadir dengan teknologi YMJET – Fi, Yamaha Mio J mampu menempuh jarak hampir 51 km dengan 1 liter bahan bakar saja. Tak heran, motor berkapasitas mesin 110 cc ini laris diburu pembeli.

 

   
Penulis: