Perkenalkan Furion M1, Motor Hybrid Bermesin Rotary dan Listrik

 779 views

Sepeda-.info – Startup asal Prancis, Furion, dikabarkan tengah mengembangkan hybrid yang menggabungkan rotary dengan . Motor yang dinamai dengan Furion M1 ini akan menawarkan dua mode berkendara, yaitu jarak jauh untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mode untuk kekuatan penuh.

Furion M1 – paultan.org

Di atas kertas, Furion M1 bakal disokong dengan mesin berkapasitas 654cc yang mampu meletupkan maksimal 125 kuda pada putaran 9.000 rpm dan mencapai torsi puncak 105 Nm di putaran 6.000 rpm. Menariknya, mesin ini dirancang untuk bekerja bersamaan dengan motor listrik bertenaga lithium-sulfur yang mampu mengeluarkan 55 HP dan torsi 100 Nm. Secara total, daya yang mampu diletupkan motor ini adalah sebesar 180 HP dan torsi mencapai 205 Nm.

Untuk menyalurkan tenaga tersebut, Furion M1 bakal dibekali dengan sistem transmisi manual enam percepatan, dan motornya bakal menerima berkualitas tinggi, termasuk garpu upside down 43 mm di depan yang dapat disesuaikan dan suspensi monoshock di bagian belakang. Sementara itu, pengereman bakal ditangani oleh rem cakram kembar berdiameter 310 mm dengan kaliper empat piston di roda depan dan rem cakram tunggal 250 mm kaliper single-piston di roda belakang.

Sepeda motor ini juga akan memiliki dua mode riding yang berbeda, dengan mode jarak jauh yang menawarkan penghematan bahan bakar dan mode sport yang menawarkan tenaga maksimal. Dengan bobot yang hanya mencapai 209 kg, Furion M1 menjanjikan performa yang sangat gahar. Furion sendiri mengklaim M1 akan mengembalikan efisiensi bahan bakar, dengan kemampuan melakukan perjalanan sejauh 400 km dengan hanya satu tangki bahan bakar.

Furion M1 adalah hasil imajinasi perancang Marc Evenisse. ini merupakan kolaborasi antara dua sekolah teknik, mitra industri, dan sebuah tim yang terdiri dari 56 konsultan, termasuk juara dunia motor super empat kali, Adrien Chareyre, pada tim pengembangan. Menarik ditunggu apakah motor ini berhasil diwujudkan dalam produksi massal atau tidak.

   
Penulis: