Yamaha YZF-R1M, Moge Pengekor YZF-M1

 4086 views

Pada akhir tahun 2014 lalu, pabrikan Yamaha kembali memperkenalkan unit sport terbarunya bertajuk Yamaha YZF-R1M. Sementara, kasta tertinggi superbike besutan perusahaan otomotif asal Jepang itu menyapa publik otomotif Indonesia pada 21 Agustus 2015.

bicaraotomotif.com

 

Sebenarnya, Yamaha membuat dua model, yakni Yamaha R1 dan Yamaha R1M. Bedanya, Yamaha R1 merupakan versi standar, sedangkan Yamaha R1M memiliki yang lebih tinggi, dan boleh dikatakan hampir mendekati Yamaha YZF-M1 yang digunakan dan Jorge Lorenzo di ajang MotoGP.

Yamaha YZF-R1M bisa disebut sebagai salah satu jenis motor gede (moge). Pasalnya, motor ini memiliki tampilan yang sangat gagah dan sporty, bentuk jok yang unik dan menyerupai superbike milik Ducati, hingga permukaan fairing yang tampak luas menyatu dengan blok yang solid dan padat. Di samping itu, lampu bagian depan yang menggunakan fog lampu bulat makin mengidentikkan motor ini dengan Yamaha M1.

Untuk sektor jantung pacunya, Yamaha R1M menggendong mesin berkapasitas 998cc, 4 silinder, 16 katup, liquid-cooled. Dengan bekal tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 200 hp pada putaran mesin 13.500 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 112,4 Nm pada putaran mesin 11.500 rpm.

Beberapa unggulan berteknologi modern juga tersemat pada motor ini, salah satunya rangka deltabox yang terbuat dari bahan magnesium berkualitas tinggi yang membuat bobot moge ini terbilang ringan. Selain itu, ada juga ERS (electronic racing suspension) yang terpasang pada sistem suspensi buatan Ohlins.

Fitur menarik lainnya adalah aplikasi Y-TRAC yang bisa diakses melalui smartphone berbasis Android untuk mengatur settingan motor. Bahkan, motor dan waktu untuk mencapai satu putaran sirkuit pun mampu terekam dengan baik. Aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengontrol beberapa fitur keselamatan, seperti front/rear anti-lock braking, lift control, launch control, slide control, dan traction control.

Yamaha YZF-R1M hadir dengan satu pilihan warna, yaitu silver blue carbon dengan aksen metalik. Sementara untuk harganya, kuda besi berdimensi 2.055 x 200 x 1.150 mm ini dibanderol dengan USD 21,990 per unit atau Rp299 jutaan (untuk pasar Amerika).

   
Penulis: