Rocket III Roadster, Cruiser Termahal Triumph di Indonesia

 512 views

Pada tahun 2014 lalu, Triumph melalui PT Triumph Motorcycles Indonesia meluncurkan setidaknya 12 ke pasar Tanah Air, dengan rentang mulai Rp305 juta hingga Rp569 juta (off the road Jakarta dan sekitarnya). Dari 12 tersebut, salah satu yang cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia adalah Rocket III Roadster.

Rocket III Roadster – moto.zombdrive.com

 

Rocket III Roadster menyita perhatian, karena selain mengusung desain khas motor cruiser yang ciamik, harga yang ditawarkan untuk sepeda motor ini merupakan yang termahal dibandingkan motor lainnya. Menurut pihak PT Triumph Motorcycle Indonesia, model Rocket III Roadster sendiri merupakan tunggangan yang menyasar mereka yang memandang motor berukuran besar sebagai sebuah gaya hidup yang memunculkan kesan kuat namun dinamis.

Model ini merupakan tipe terbaru dari seri Triumph Rocket yang diperkenalkan pabrikan asal Inggris pada tahun 2014. Rocket III Roadster muncul dengan dominasi hitam di sekujur tubuh dan dirancang memiliki performa dan torsi yang lebih hebat daripada seri-seri sebelumnya.

Secara tampilan, Rocket III Roadster mengusung dimensi tubuh yang besar dan tegap, tetapi tetap mudah dikendalikan berkat setang kemudi yang dibuat menarik ke belakang. Di bagian depan, terpasang single headlamp berbentuk bulat yang kental aroma klasik. Triumph juga menerapkan beberapa mutakhir untuk seri Roadster, salah satunya rem anti-terkunci (ABS), baik di depan maupun di belakang.

Sementara, untuk sektor jeroan, pabrikan Inggris menyematkan DOHC, liquid-cooled, 3 silinder sejajar, berkapasitas 2.294cc. Dengan modal tersebut, Rocket III Roadster disebut mampu memuntahkan tenaga maksimal 109 kW pada putaran 5.750 rpm dan torsi puncak menembus 221 Nm pada putaran 2.750 rpm melalui sistem transmisi manual 5 percepatan.

Seperti diuraikan sebelumnya, saat ini, Rocket III Roadster hanya hadir dalam satu pilihan warna, yaitu Phantom Black. Di pasar Inggris, satu unit motor ini ditawarkan dengan harga mulai 14.100 pound sterling atau setara Rp232 jutaan. Berikut teknis Triumph Rocket III Roadster.

Tipe Mesin Liquid-cooled, DOHC, in-line 3-cylinder
Kapasitas Mesin 2.294cc
Diameter x Langkah 101,6 x 94,3 mm
Daya Maksimum 109 kW @ 5.750 rpm
Torsi Maksimum 221 Nm @ 2.750 rpm
Transmisi 5-speed
Frame Tubular steel, twin spine
Suspensi Depan Upside down KYB 43 mm
Suspensi Depan Twin shocks
Rem Depan Twin 320 mm floating disc 4-piston, ABS
Rem Belakang Single 316 mm disc 2-piston, ABS
Lebar x Tinggi 970 x 1.165 mm
Tinggi Jok 750 mm
Jarak Sumbu Roda 1.695 mm
Berat Kosong 334 kg
Kapasitas Bahan Bakar 24 L
   
Penulis: