Sasar Pasar Entry-Level, Honda ‘Hidupkan’ Lagi Dominator?

 537 views

Sepeda-.info – Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda, dikabarkan akan ‘menghidupkan’ lagi beberapa lawas milik mereka, salah satunya Dominator. Motor yang sebelumnya sempat populer di era tahun 1988 hingga 2001 tersebut direncanakan akan menggunakan pilihan dengan lebih kecil untuk menjangkau pasar motor adventure pemula yang memang sedang bergairah.

1989 Honda NX 650 Dominator – www.bikepics.com

Mengutip Morebikes, gambar motor ini sudah beredar di beberapa situs internet setelah perusahaan asal Negeri Matahari Terbit mendaftarkan paten konsepnya. Dari sketsa paten yang terlihat, kuda besi tersebut akan menerima riding mode yang dioperasikan lewat tombol di setang kiri. Tombol ini akan menawarkan pilihan gaya berkendara sesuai dengan medan yang dilintasi biker. Nah, jika ini memang benar-benar diaplikasikan, maka akan menjadi yang pertama di kelasnya.

Sementara, di ruang dapur pacu, meski belum diketahui bocoran mengenai yang akan diusung, generasi terbaru dari Dominator diyakini akan membawa mesin lebih kecil untuk menjangkau pasar entry-level. Sebelumnya, kendaraan tersebut menggendong mesin empat silinder berkapasitas 643cc yang mampu meletupkan tenaga maksimal 44 HP pada putaran 6.000 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 53 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Jika motor ini benar-benar diproduksi dan diluncurkan, akan menjadi pendamping yang tepat bagi X-ADV, sebuah skuter adventure keluaran Honda yang memiliki DNA Africa Twin. Skuter yang mengombinasikan kepraktisan dan daya tarik penjelajah tersebut menyediakan dua pilihan mode transmisi, yaitu mode ‘D’ untuk berkendara normal dan mode ‘S’ untuk mereka yang ingin mencari atau masuk ke trek yang menantang dengan hentakan lebih responsif.

Sebelumnya, Honda juga telah berencana untuk ‘membangkitkan’ kembali sepeda motor Cub lawas mereka dengan seri EV-Cub. Ini adalah seri klasik Honda Cub yang kali ini dibekali dengan tenaga listrik. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 dalam wujud , sepeda motor tersebut kabarnya akan mulai masuk masa pada tahun 2018 ini dan diedarkan untuk pasar Jepang di tahap awal.

   
Penulis: