Motor Ducati Multistrada 1260 GT Generasi 2020 Bakal Dilengkapi Fitur Radar Canggih

Jakarta rupanya kini sedang menyiapkan sepeda touring teranyar. Bahkan kabarnya pabrikan asal Italia itu juga akan menghadirkan canggih berupa radar untuk melengkapi kebutuhan para pengendara dalam berpetualang dengan touring Ducati tersebut.

Ducati Multistrada 1260 GT – www.bikesrepublic.com

“Motor touring Ducati yang akan membawa radar adalah 2020 Ducati Multistrada 1260 GT. Motor itu mungkin menjadi pertama bagi Ducati untuk debut kontrol radar Cruise control yang telah dikerjakan selama beberapa tahun,” demikian seperti dilansir Motorcyclenews melalui Jawapos.

Bahkan Manager Innovation Vehicle Pierluigi Zampieri pun mengungkapkan bahwa pihak Ducati selaku produsen ternama juga gemar melakukan inovasi. Pasalnya, sang kompetitor seperti KTM pun menyematkan fitur cruise control adaptif radar Bosch pada mode KTM 1290 Super Adventure 2020.

Adapun kontrol radar cruise control sudah jadi fitur yang biasa pada kendaraan seperti mobil selama beberapa waktu belakangan. Namun, kini teknologi cruise control juga mulai disematkan untuk sepeda motor. Menurut informasi, Mitsubishi diketahui pertama kali mengembangkan teknologi canggih tersebut sejak tahun 1990-an. Kemudian sejak itu hampir tiap pabrikan mobil besar juga ikut menggunakan sejumlah teknologi yang sama di kendaraannya.

Sosok motor Ducati Multistrada 1260 GT sendiri adalah tertinggi yang dibuat dari basis Multistrada 1260 terkini. Sejumlah pihak memperkirakan jika Ducati Multistrada 1260 GT nantinya kemungkinan bakal mengusung dan dimensi yang sama seperti Multistrada biasa dan tak ada pembaruan mekanis yang terlalu signifikan. Ducati Multistrada 1260 GT juga diprediksi bakal meluncur akhir tahun 2019 ini di ajang otomotif bergengsi, EICMA di Milan dan hadir sebagai model 2020.

Fitur radar di bagian belakang motor berfungsi untuk memperingatkan pengendara kendaraan yang mendekat dan menunjukkan kendaraan di blind spot. Kabarnya Ducati sudah menggarap sistem bantuan pengendara tingkat lanjut (ARAS) dari tahun 2016 lalu dan sistem peringatan berbasis radar ini sudah diumumkan oleh Ducati.

Fitur cruise control berbasis radar baru akan dipakai dalam format L-twin, bukan Multistrada bermesin V4 yang akan datang yang kini tengah digarap oleh Ducati. Bahkan digadang-gadang bahwa 1260GT bakal jadi versi yang lebih fokus dibandingkan Ducati Multistrada 1260 yang beredar di pasaran sekarang ini.

   
Penulis: