Sepeda Motor Freestyle

 5000 views

Para bikers atau pegiat komunitas sepeda pasti sudah kenal istilah freestyle. Freestyle dalam roda dua adalah sebuah aksi atraksi yang melibatkan ketangkasan dan teknik kemudi yang mahir untuk menampilkan beragam gaya dengan .

Aksi freestyle marak dijumpai di dunia komunitas bikers di Aksi freestyle sudah menjadi tontonan wajib di kalangan para bikers dalam kegiatan berkumpul yang mereka lakukan.

Poin terpenting dalam menilai seseorang yang mengeluti aktivitas ini adalah sejauh mana ia memiliki trik dan keahlian yang andal dalam mengendalikan sepeda motor.

Ada perbedaan antara freestyle sepeda motor di Indonesia dan di luar negeri.Di luar negeri para freestyler banyak menggunakan motor-motor besar dalam beraksi. Di Indonesia hampir seluruh motor mulai dari bebek (cub), hingga bertransmisi otomatik dapat digunakan untuk beratraksi.

Beberapa jenis aksi yang sering ditampilkan para freestyler Tanah Air antara lain, wheelie dan stoppie. Teknik wheelie merupakan satu manuver dengan mengangkat roda depan, sementara stoppie teknik mengerem motor hingga roda bagian belakang terangkat.

Pada dasarnya saat anda melakukan Freestyle motor cuman ada ada 3 teknik Dasar diantaranya yaitu:

  1. Stoppie
  2. Wheelie
  3. Burn Out

Dengan dua aksi itu, para freestyler tinggal mengkombinasikan dengan gaya-gaya lain sehingga menghasilkan tontonan yang menarik.

Banyak para freestyler lokal belajar teknik-teknik ekstrem itu secara otodidak, dengan melalukan browsing di media sosial atau membeli video-video tentang teknik-teknik freestyle dari luar negeri dengan berbagai macam gaya yang ekstrim.

Pabrikan sepeda motor nampaknya cukup jeli dalam melihat trend freestyle ini. Mereka mulai menggandeng komunitas yang mengkhususkan diri dengan hobi ekstrem ini. Ini menjadi strategi yang baik untuk membangun citra sepeda motor pabrikan tersebut, dengan tujuan membangun image sepeda motor yang tangguh jika digunakan dalam freestyle.

   
Penulis: