Ulang Tahun Ke-90, Jawa Hadirkan Motor Anniversary Edition

New Delhi – Kiprah Jawa Motorcycles di dunia memang sudah cukup lama, yakni mulai tahun 1929 silam. Namun di negeri Hindustan India, kehadiran Jawa baru sekitar setahun lamanya. Untuk meramaikan pasar India, Jawa Motorcycles pun kabarnya bakal merilis untuk memperingati ulang tahun mereka yang ke-90, yakni Jawa Anniversary Edition.

Jawa Anniversary Edition – www.moneycontrol.com

Motor edisi khusus tersebut akan diproduksi secara terbatas, hanya berjumlah 90 unit saja. Produsen asal Ceko itu bakal menghadirkan motor spesial dengan khusus yang merupakan perpaduan dari 1929 Jawa 500 OHV yang mengusung warna gelap dan krem. Kemudian ada pula hiasan stiker anniversary 90 tahun di bagian tangki bahan bakar. Untuk mempertegas tampilan klasiknya, motor Jawa Anniversary Edition pun disematkan cover jok kulit berwarna cokelat.

“Dari sisi dapur pacu, Jawa Anniversary Edition disematkan berpendingin udara 293 cc silinder tunggal yang mampu menyemburkan tenaga hingga 26 Tk dan torsi puncak 28 Nm,” demikian seperti dilansir Liputan6.

Tak ketinggalan, Jawa Anniversary Edition juga dilengkapi dengan gearbox 6 kecepatan, serta garpu teleskopik di bagian depan dan dual shocks di bagian belakang. Sayangnya sampai saat ini pihak Jawa Motorcycles masih belum mengungkapkan secara jelas apakah sepeda motor edisi ulang tahun ke-90 itu bakal tersedia dalam pengereman ABS tunggal atau ganda.

Akan tetapi, motor Jawa Anniversary Edition sendiri kabarnya telah dapat dipesan sebelum tanggal 22 Oktober 2019 dan akan segera dikirimkan ke tangan konsumen. Hingga kini juga pihak Jawa Motorcycles masih belum memberikan bocoran terkait motor edisi khusus tersebut. Namun para penggemar berharap agar Jawa Anniversary Edition tidak dijual dengan yang terlampau tinggi dari model-model yang saat ini sudah dipasarkan. Adapun motor-motor Jawa saat ini dibanderol pada kisaran 1,64 lakh atau sekitar Rp32,6 jutaan sampai 1,73 lakh atau setara Rp34,4 jutaan apabila dirupiahkan.

   
Penulis: