Suzuki Kembangkan Motor Listrik, Bakal Dipasarkan 2021 Mendatang

 279 views

Jakarta – Sejumlah negara seperti Eropa dan India saat ini mulai memberlakukan emisi yang ketat untuk para produsen , misalnya dengan beralih ke powertrain atau kendaraan bertenaga . Di saat para produsen besar sudah mulai membuat prototipe motor listriknya, sepertinya masih belum memberikan bocoran apapun.

Suzuki Motorcycle Exhibition – id.pinterest.com

Namun, belakangan ini beredar kabar bahwa pabrikan asal Jepang ini juga sedang menyiapkan motor listrik. Rumor terkait pengembangan motor listrik Suzuki ini sebenarnya sudah ada dari tahun 2018 lalu dan akan segera meluncur tahun 2021 mendatang. Pengembangan motor listrik Suzuki kabarnya akan bekerja sama dengan otoritas mobil Suzuki di India, yaitu Maruti Suzuki dalam hal pengembangan baterai sebagai penggerak motor nantinya.

Suzuki sendiri sebenarnya telah mengembangkan motor listrik sejak tahun 2019. Tetapi, itu nantinya bukan hanya untuk pabrikan di India, namun juga dibagi ke Suzuki global. Dengan demikian, motor listrik Suzuki akan dikembangkan secara luas ke sejumlah negara.

“Selama saya menjabat beberapa waktu lalu, India sebenarnya sudah mendapatkan listrik namun masih terkendala karena rencana pembagian teknologi kepada Suzuki global lainnya,” ujar Managing Director Suzuki Motorcycle India, Satoshi Uchida, seperti dilansir Motor1 melalui Indozone.

Media India menyebutkan bahwa tahun 2021 bisa menjadi timeline yang ditetapkan Suzuki untuk mengenalkan kendaraan listrik pertama yang diharapkan menjadi . Walaupun masih terdapat sedikit kendala terkait rencana motor listrik Suzuki, sepertinya semua rencana sudah semakin jelas.

Suzuki India pun optimis pengembangan model produksi motor listriknya akan segera naik ke meja produksi dan dipasarkan sesuai waktu yang telah ditargetkan. Dengan pengumuman ini sekaligus menunjukkan bahwa Suzuki merasa mampu mengejar ketertinggalannya dalam mengembangkan motor listrik dari brand lainnya yang sudah lebih dulu mengembangkan motor listrik jagoannya.

Misalnya saja Kawasaki yang kini tengah mengerjakan prototipe motor listrik mirip Ninja, BMW Motorrad dengan Franken e-bike, yang memulai semuanya secara lambat dengan rencana skuter listrik, serta yang menggandeng raksasa listrik Gogoro untuk mengembangkan skuter EC-05 dengan baterai yang bisa ditukar.

Baca juga:   Tampil dengan Emblem Baru Warna Emas, Harga Yamaha Lexi Naik Jadi Rp 20,71 Juta
   
Penulis: