Suzuki Siapkan Motor Katana dengan Mesin 125cc?

Jakarta Katana adalah sosok legendaris dari yang kembali dihadirkan dalam ajang pameran bergengsi, EICMA 2018 lalu. Kala itu Suzuki Katana hadir dengan menggendong berkubikasi 999 cc yang cukup sukses menyedot perhatian khalayak.

Suzuki Katana 125 cc – www.100kpj.com

Setelah beberapa waktu, Suzuki pun dirumorkan bakal menghadirkan adik dari Katana, namun dengan mengusung mesin yang lebih kecil, yakni Suzuki Katana 125R. “Motor ini akan memiliki tampilan gaya neo dengan basis motor GSX R125. Selain itu, motor tersebut juga akan menggunakan mesin dengan kapasitas 125cc. Akan tetapi, Suzuki Katana 125R sendiri hanya akan diproduksi dalam pasar otomotif Jepang,” demikian seperti dilansir Indozone.

Nah, menariknya, media otomotif ternama Jepang Young Machine belum lama ini merancang render Suzuki Katana 125 yang menjadikan GSX-R125 sebagai basisnya. Perbedaan terlihat dari bentuk tangki bensin dan fairing khas Katana. Akan tetapi, posisi berkendaranya sengaja dirancang sama dengan GSX-R125. Demikian pula bagian jantung pacu, yakni mesin 124,4 cc yang sudah berstandar Euro 4, serta diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 15 Hp pada 8.500 rpm dan torsi 64 Nm pada 8.100 rpm.

Bagian handling pun tampak cukup bersahabat. Render menampakkan Suzuki Katana 125 memiliki ketinggian jok 785 mm dan bobot hanya 134 kg yang diperkirakan cukup nyaman dikendarai oleh pengendara pemula. Selain itu, Suzuki Katana 125 juga mengusung sasis tubular berbahan baja yang dipastikan mudah untuk dikendalikan meski radius putar kemudinya tak terlalu lebar.

Sayangnya masih belum ada bocoran lebih detail terkait motor. Namun berkaca pada lini GSX-R series, seluruhnya telah menyematkan panel meter digital, sehingga Suzuki Katana 125 nantinya kemungkinan akan mengusung yang sama. Tak ketinggalan pula dengan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) yang memakai unit ABS Bosch 10.

Menurut keterangan Young Machine, proyek Katana 125 itu kabarnya sedang bergulir dan pihak Suzuki akan mengusung beberapa rekanan seperti Yoshimura dan A-Tech. Motor Suzuki Katana 125 sendiri diperkirakan bakal rilis tahun 2020 mendatang dan kemungkinan juga akan dipasarkan untuk Eropa. Kita tunggu saja ya kelanjutannya!

   
Penulis: