Spesifikasi dan Harga Harley Davidson Trike Heritage Springer

 464 views

Sebagai otomotif, perjalanan Harley Davidson di pasar roda dua global memang sudah berjalan sangat lama. Sepak terjang ini dimulai pada tahun 1903 di Milwaukee ketika Bill Harley dan Arthur Walter Davidson mengembangkan sebuah satu silinder. Dua tahun berselang, kedua orang ini mampu membuat 11 unit , dan meningkat menjadi 154 motor pada tahun 1908.

Harley Davidson Trike Heritage Springer – www.pinterest.com

 

Selain motor konvensional (beroda dua), pada tahun 1914, pabrikan ini mulai memperkenalkan sidecar dengan transmisi sliding gear 3 percepatan. Lalu, pada tahun 1917, satu dari tiga motor ini dikirim untuk kepentingan militer Serikat. Setahun berikutnya, jumlah yang dikirimkan untuk tentara Paman Sam meningkat menjadi 50 persen dari total produksi. Di akhir tahun itu, diperkirakan lebih dari 20 ribu unit motor Harley Davidson yang digunakan sebagai kendaraan militer.

Di samping model sidecar (dengan sespan), Harley juga melakukan inovasi dengan meluncurkan model trike atau motor yang memiliki tiga roda (satu di depan dan dua di belakang). Model ini pertama kali diperkenalkan pabrikan pada tahun 1930. Saat itu, motor trike buatan Harley banyak digunakan sebagai motor service-car, selain banyak juga yang dipakai untuk kepentingan komersial dan kepentingan kepolisian.

Dalam perjalanannya yang berusia lebih dari satu abad itu, Harley memang telah melemparkan ratusan produk. Dan, salah satu produk Harley yang cukup laris di pasaran otomotif global adalah model FLSTS Heritage Springer. Motor ini pertama kali diperkenalkan Harley pada tahun 1997 untuk menggantikan posisi FLSTN Heritage Softail.

Berbeda dengan FXSTS Softail Springer, motor ini datang dengan roda depan 16 inci, selain hadir dengan kantong pelana di bagian samping, white-walls, muffler fishtail, dan lampu sebagai upaya untuk memberikan tampilan ala Panhead 48 FL. Di tahun 1997-1999, motor ini mengusung mesin Evolution keluaran Harley dengan transmisi 5 percepatan yang dikawinkan dengan rantai tradisional tertutup.

Perubahan radikal terjadi pada tahun 2000 ketika Harley menyematkan sebuah bingkai baru dengan geometri yang berbeda dan lebih baik. Bingkai backbone diperkuat, sedangkan swing arm kini mendapat dukungan rem belakang dengan tambahan piston. Sementara, guncangan Softail didesain ulang bersama dengan bantalan.

Di bagian jantung pacu, motor ini menggendong mesin 4-stroke, V-Twin, OHV, air-cooled, berkapasitas 1.449cc. Dengan modal tersebut, FLSTS Heritage Springer mampu mencapai torsi puncak menembus 85 ft-lb pada putaran 3.000 rpm yang disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan.

Selain model standard, hadir pula FLSTS Heritage Springer dengan tambahan dua roda di bagian belakang (menghilangkan roda belakang standar) yang kemudian dikenal sebagai Trike Heritage Springer. Di Indonesia, produk bekas model Trike Heritage Springer plus surat komplet ditawarkan dengan harga mulai Rp478 jutaan. Berikut spesifikasi teknis Harley FLSTS Heritage Springer.

Tipe Mesin 4-stroke, air-cooled, OHV, V-Twin
Mesin 1.449cc
Diameter x Langkah 95,3 mm x 101,6 mm
Torsi Maksimum 85 ft-lb @ 3.000 rpm
Starter Electric
Transmisi 5-speed
Suspensi Depan Air adjustable forks
Suspensi Belakang Adjustable shocks
Rem Depan Single disc
Rem Belakang Single disc
Ban Depan MT90-B16
Ban Belakang 150/80-B16
Berat Kosong 310 kg
Kapasitas Bahan Bakar 15,9 L
   
Penulis: