Spesifikasi Kymco Benson, Skuter Alternatif Bagi yang Ingin Naik Level

 1671 views

Merek Kymco atau Kwang Yang Motor Company Ltd. pernah menggempur pasar otomotif roda dua pada awal 2000-an hingga medio 2000-an. Kala itu, bersama beberapa merek , Kymco dikenal sebagai produsen berharga murah dan identik dengan motor Jetmatic, sebutan masyarakat saat itu untuk skuter matik.

Kymco Benson – arantan.wordpress.com

 

Di awal kedatangannya ke Tanah Air, pemasaran Kymco ditangani oleh KLMI (Kymco Lippo Motor Indonesia). Namun, karena satu dan lain hal, manufaktur ini ditutup dan kemudian Kymco di Indonesia didistribusikan oleh PT Benson Power Mobility (PT BPM), sekaligus sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM).

Di bawah kendali PT BPM, Kymco sempat meluncurkan dua varian skuter matik di Bali pada tahun 2010 silam. Kedua skuter matik tersebut adalah model Benson Like dan Benson Super 8, yang dihadirkan sebagai alternatif bagi penggemar skuter maupun motor sport yang ingin naik level. Karena itu, baik , , maupun harganya juga disesuaikan dengan posisi tersebut.

Sebelum meluncurkan varian Benson ini, pihak PT BPM telah mengamati perkembangan pasar sepeda motor Tanah Air dalam beberapa waktu. Berdasarkan pengamatan mereka, segmen yang mengalami pertumbuhan cukup signifikan adalah motor sport dan juga skuter matik. Karena itu, PT BPM pun menghadirkan varian Kymco Benson dengan tagline “Scooter Power”.

Secara tampilan, baik Benson Like maupun Benson Super 8 hadir dengan yang hampir mirip. Bedanya, jika Benson Like kental dengan nuansa skuter, maka Benson Super 8 tampil lebih sporty. Tipe ini mengusung headlamp yang terletak di swing (tebeng), serta dilengkapi dengan tameng udara atau windshield.

Namun, secara keseluruhan, kedua model ini tampil gagah berkat penggunaan pelek racing 12 inci (untuk Benson Like) dan 14 inci (untuk Benson Super 8). Keduanya juga mengusung sistem suspensi shockbreaker ganda di bagian belakang, piranti pengereman cakram di roda depan dan belakang, serta fitur soket listrik sebagai sarana charger telepon seluler yang berada di bawah jok.

Untuk sektor jantung pacu, baik Benson Like maupun Benson Super 8, disokong dengan mesin tipe 4-stroke, SOHC, pendingin udara, silinder tunggal, berkapasitas 150cc. Dengan modal tersebut, kedua skuter ini disebut mampu meletupkan tenaga maksimal 10,6 HP pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak 11,5 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Ketika pertama kali diluncurkan pada tahun 2010, PT BPM menawarkan kedua skuter ini di kisaran Rp20 juta hingga Rp25 juta. Jika Benson Like dilepas dengan mulai Rp23.950.000, maka Benson Super 8 ditawarkan dengan Rp21.750.000 (OTR Bali). Berikut umum Kymco Benson.

Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, single-cylinder, air-cooled
Kapasitas Mesin 150cc
Daya Maksimum 10,6 HP @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 11,5 Nm @ 5.500 rpm
Starter Electric & Kick
Transmisi CVT
Ban Depan 100/70-12 (Benson Like), 100/70-14 (Benson Super 8)
Ban Belakang 120/70-12 (Benson Like), 120/70-14 (Benson Super 8)
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Jarak Sumbu Roda 1.318 mm
Kapasitas Bahan Bakar 6,5 L
   
Penulis: