Tak lolos Euro 4, Honda pilih Pensiunkan CBR600RR

 3627 views

Sepeda-.info Motor Company dikabarkan akan memutus rantai 600RR di benua Eropa. Supersport bike tersebut harus pensiun menyusul segera diberlakukannya aturan baru standar emisi dan tingkat kebisingan Euro 4.

honda cbr600rr – www.motorcycle-usa.com

 

Dilansir laman Motorcyclenews (1/7), juru bicara Honda menyatakan bahwa motor bermesin 599 cc empat silinder tersebut telah menjalani sejumlah pengujian dan hasilnya tidak mampu memenuhi standar Euro 4.

Meski sebenarnya dapat dikembangkan agar lolos, Honda mengaku tak akan melakukannya mengingat butuh waktu dan biaya riset yang dinilai justru berpotensi merugikan perusahaan. Terlebih, penjualan CBR600RR terus anjlok dalam beberapa tahun terakhir.

“Ini adalah keputusan sulit, CBR600RR merupakan yang memiliki kedudukan istimewa bagi perusahaan selama bertahun-tahun. Tapi kenyataan bahwa penjualannya tidak sesuai harapan membuat kami merasa motor ini kurang layak dilanjutkan,” ujar sumber internal Honda dalam rilisnya.

Ditanya tentang suksesor pengganti CBR600RR, Honda menjawab tak berniat mengembangkan penggantinya karena keuntungan yang didapat kemungkinan tetap berada di bawah ekspektasi.

Riwayat penjualan CBR600RR sendiri dimulai ketika perusahaan raksasa tersebut itu memperkenalkannya di tahun 1990 lalu. Kala itu, torehan penjualan CBR600RR mencapai angka fantastis, yakni 4.500 unit per tahun. Namun, angka tersebut berangsur turun hingga hanya menyisakan 150 unit saja sepanjang tahun 2015.

   
Penulis: