TVS King, Motor Roda Tiga Tangguh dan Andal dari India

 7760 views

Jika berbicara umum roda tiga, pikiran kita pasti langsung tertuju pada sosok kendaraan Bajaj. Memang, pabrikan asal India tersebut sangat tersohor dengan kendaraan komersial ini. Namun, tak cuma Bajaj saja yang bermain di segmen ini. pun merambah pasar yang sama dengan meluncurkan TVS King.

TVS king – www.thehindubusinessline.com

 

Di Indonesia, TVS King pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 2013 lalu. Ketika itu, motor ini diproyeksikan untuk menggantikan model kendaraan roda tiga milik Bajaj yang masih mengusung 2-stroke atau 2-tak. Pasalnya, tipe 2-stroke memiliki emisi gas buang yang cukup tinggi sehingga menyebabkan pencemaran udara.

Secara sekilas, tak ada yang berbeda antara TVS King dengan kendaraan roda tiga milik Bajaj. Namun, TVS, pabrikan yang juga berasal dari India, mengklaim bahwa kendaraan yang mereka rilis ini mengusung yang lebih stylish dibanding kompetitor. Ini tampak pada model lampu depan yang menyipit dan kombinasi warna cerah pada sekujur bodi.

Untuk sektor jantung pacu, TVS King menggendong mesin tipe 4-stroke, single cylinder, forced air-cooled, berkapasitas 199,26cc. Dengan modal tersebut, kendaraan ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 6,4 kW pada putaran 5.250 rpm dan torsi puncak menembus 14,5 Nm pada putaran 3.250 rpm.

Layaknya kendaraan roda tiga lainnya, selain sistem transmisi empat gear depan, TVS King juga dibekali dengan transmisi satu gear mundur. Motor dengan berat 325 kg ini juga dilengkapi dengan rem depan dan belakang model drum hidrolik, serta tangki bahan bakar berkapasitas 5 liter.

Ketika pertama kali diluncurkan, satu unit TVS King ditawarkan dengan Rp56.300.000 (on the road). Namun untuk bisa memiliki kendaraan ini, calon konsumen harus mempunyai surat Bajaj komplit dan KTP domisili Jakarta. Berikut teknis TVS King.

Dimensi 2.645 x 1.330 x 1.740 mm
Jarak Sumbu Roda 1.985 mm
Berat Kosong 325 kg
Jarak ke Tanah 165 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 5 liter
Tipe Rangka Semi Monocoque
Suspensi Depan dan Belakang Trailing arm type
Rem Depan dan Belakang Drum, hidrolik
Tipe Mesin 4-stroke, silinder tunggal, air-cooled
Kapasitas Mesin 199,26cc
Diameter x Langkah 62 x 65 mm
Daya Maksimum 6,4 kW @ 5.250 rpm
Torsi Maksimum 14,95 Nm @ 3.250 rpm
Transmisi 4 gear depan, 1 gear mundur
Starter Elektrik
   
Penulis: