Varian dan Harga Motor Zero yang Meluncur di Indonesia

 1860 views

Perkembangan dunia otomotif, khususnya roda dua, memang menarik untuk diikuti. Jika sebelumnya hanya roda empat yang menggunakan elektrik sebagai penggerak utamanya, kini roda dua juga tak mau kalah.

, sebuah otomotif yang berasal dari California, kini telah meluncurkan dengan basis tenaga listrik. Meski namanya masih sedikit asing, namun telah mengembangkan inovasi ini sejak 2006 silam. Pada tahun 2014, perusahaan ini resmi masuk pasar otomotif Indonesia melalui , dan mengenalkan empat motor listrik, yaitu Zero SR, Zero DS, Zero S, dan Zero FX.

Zero SR

Zero SR tampil dengan cukup proposional dengan curb-weight yang cukup ringan, serta dukungan rangka aluminium sekelas rangka pesawat terbang. Berbeda dengan motor pada umumnya, Zero SR tampi tanpa tangki bahan bakar, yang diganti menjadi kompartemen serbaguna untuk penyimpanan barang mulai kabel charger hingga lainnya.

Untuk sektor dapur pacu, Zero SR dibekali motor listrik brushless dengan kode Z-Force 75-7R, yang memiliki radial flux dan magnet permanen di dalamnya dan mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 67 hp, dan torsi hentakan maksimum mencapai 144 Nm. Keistimewaan motor ini adalah tidak mengeluarkan suara apa pun, karena motor penggeraknya tidak berputar seperti mesin motor bahan bakar. Motor penggerak listriknya hanya standby, dan baru berputar saat selongsong gas dipelintir.

lain yang tersemat di motor ini adalah pengaturan mode berkendara Eco, Sport, dan Custom, serta pengereman yang telah menggunakan sistem ABS dari Bosch. Di Indonesia, Zero SR dibanderol dengan Rp300 juta hingga 359 jutaan.

Zero DS

Zero DS atau dual sport, sesuai namanya, adalah motor yang bisa diajak untuk off-road ringan. Motor ini dibekali ban dengan pattern semi-tahu dan diameter roda depan lebih besar yaitu 19 inci.

Untuk sektor dapur pacu, Zero DS dibekali motor listrik tipe brushless dengan kode Z-Force 75-7R, yang memiliki radial flux dan magnet permanen di dalamnya. Motor ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 54 hp, serta torsi mencapai 92 Nm, dengan maksimal menyentuh 158 km/jam. Di Indonesia, Zero DS dibanderol di kisaran harga Rp249 juta hingga Rp329 jutaan.

Zero S

Motor listrik ini kabarnya sudah bisa mengaspal di jalan raya Indonesia. Dipersenjatai baterai Z-Force Li-Ion Intelegent dengan kapasitas maksimal 8,5 kWh, Zero S mampu menyemburkan tenaga hingga 54 hp dan torsi maksimal mencapai 92 Nm. Sementara, kecepatan maksimal yang bisa ditempuh sekitar 129 km/jam.

Dengan kapasitas baterai tersebut, motor ini mampu menempuh jarak 165 km di dalam kota, dan 84 km di luar kota. Di Indonesia, Motor Zero S dibanderol di kisaran harga Rp250 juta hingga Rp329 jutaan.

Zero FX

Motor Zero FX dilengkapi dengan fitur sistem power pack modular. Dengan dua slot untuk power pack, Anda dapat mengoperasikan Zero FX dengan salah satu atau kedua slot. Modul dapat diisi, baik di motor atau di tempat lain, menggunakan aksesoris opsional, sehingga memberikan Anda kemampuan untuk mengisi kapan pun.

Zero FX dibekali motor listrik Z-Force yang mampu memuntahkan tenaga hingga 44 hp, serta torsi maksimal mencapai 70 ft-lb. Selain itu, motor ini juga dilengkapi fitur berkendara Eco, Sport, dan Custom. Di Tanah Air, Zefo FX dibanderol di kisaran harga Rp180 juta hingga Rp220 jutaan.

   
Penulis: